Siap Garap Headset AR, Apple Gandeng Valve

0
49
Headset AR
Ilustrasi: Headset AR Apple-Valve

Dikenal orang sebagai pemilik dan pengelola layanan distribusi digital terbesar di dunia, Valve juga bukanlah pemain baru di ranah virtual reality. Setelah virtual reality, ada kemungkinan Valve mulai mencoba melebarkan sayapnya ke augmented reality atau headset AR.

Via MacRumors, harian DigiTimes melaporkan bahwa developer pencipta seri game Half-Life itu digandeng oleh Apple dalam rangka pengembangan head-mounted display AR. Mereka berdua tentu tidak sendirian. Apple mempercayakan Quanta Computer dan Pegatron asal Taiwan buat menangani proses produksi serta perakitan.

Apple terdorong untuk membuat headset AR (augmented reality) karena CEO Tim Cook percaya bahwa AR dapat menyatukan konten digital ke dunia sesungguhnya. Di waktu ke depan, ia akan jadi sepopuler smartphone, khususnya di kalangan konsumen. Langkah mendalami segmen AR yang dilakukan Apple juga dibarengi oleh perekrutan pakar-pakar desain grafis, system interface, serta system architecture.

NZXT Kenalkan Perangkat Gaming Headset Pertamanya

Perlu diketahui, sejak beberapa bulan lalu, wacana mengenai kemunculan headset AR (augmented reality) dari Apple semakin menguat. Apalagi, pada September lalu, melalui kode yang ditemukan di Xcode 11 dan iOS 13, terungkap bahwa perusahaan ini masih mengembangkan perangkat yang dimaksud. Tak hanya itu, dalam paket Find My App, muncul sebuah perangkat yang diduga kuat merupakan headset AR atau VR dari Apple.

Analis terkenal Ming-Chi Kuo pernah menyebut bahwa Apple sudah bekerja sama dengan merek pihak ketiga untuk meluncurkan perangkat AR ini. Kuo yakin bahwa headset AR Apple akan segera memasuki tahap produksi massal pada kuartal keempat tahun ini. 

Dilansir dari Macrumors (5/11), Kuo juga menyebut bahwa perangkat ini akan dijual sebagai aksesoris dari iPhone. Perangkat ini akan menjalankan sistem operasi iOS hasil modifikasi yang bernama rOS. Ini disebut-sebut sebagai sistem operasi yang secara khusus dirancang untuk kacamata AR. Perangkat ini juga dirumorkan akan hadir dengan teknologi touchscreen, aktivasi Siri dan bahkan gestur kepala. 

Apple sebenarnya menargetkan untuk menyediakan perangkat tersebut tahun ini. Namun belakangan, perusahaan tersebut mengungkap bahwa perangkat ini tidak akan didistribusikan sebelum tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here