Ini Spesifikasi Lengkap Exynos 980

0
34
exynos 980

Samsung sebelumnya sudah mengumumkan kehadiran Exynos 980. Chipset ini merupakan chipset pertama dari perusahaan Negeri Gingseng itu yang memiliki modem 5G terintegrasi. Nah, bulan lalu, perusahaan ini belum mengumumkan spesifikasi lengkap. Namun kabar terbaru menyebut bahwa Samsung sudah membongkar spesifikasi yang dimiliki chipset ini. 

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Exynos 980 adalah modem chipset 5G yang sudah tertanam di dalamnya. Chipset ini sendiri memiliki dua inti Cortex-A77 dengan kecepatan 2,2GHz dan enam inti Cortex-A55 dengan kecepatan 1,8GHz. Total, ada delapan inti yang dimiliki chipset ini. 

Sementara untuk mengolah grafis, terutama saat bermain game, Samsung mengandalkan GPU Mali-G76 dan NPU (Neural Processing Unit) yang terintegrasi. Sementara itu, terdapat juga dukungan tampilan WQHD+ dengan resolusi maksimal 3360×1440 piksel. Dirancang dengan menggunakan arsitektur FinFET 8nm, Exynos 980 juga hadir dengan dukungan RAM LPDDR4X dan penyimpanan UFS 2.1 serta eMMC 5.1. 

Lagi! AMD Luncurkan Ryzen 9 3950X, Chipset X570, dan Athlon 3000G Lebih Canggih

Samsung mengklaim bahwa dengan kehadiran DSP (Digital Image Processor) dan NPU, chipset ini akan memiliki kemampuan AI kamera yang setara dengan kamera profesional serta dukungan asisten cerdas. Chipset ini pun disebut dirancang untuk menangani tugas intensif yang diperlukan untuk latensi rendah, dengan bandwidth 5G yang tinggi dengan mudah. 

Untuk diketahui, dengan adanya DSP dan NPU yang canggih, sistem AI ini akan langsung memproses seluruh informasi di ponsel. Hal ini dikatakan dapat mengurangi waktu respon secara efektif serta dapat meningkatkan keamanan dan privasi data penggunanya. 

Chipset ini juga sudah mendukung hingga lima konfigurasi sensor kamera. cExynos 980 juga dapat memproses tiga sensor secara bersamaan untuk menawarkan pengalaman multi-kamera yang lebih baik. Nantinya, smartphone dengan chipset ini dapat dipasangkan dengan kamera 108MP atau dua kamera dengan masing-masing resolusi 20MP. Sedangkan NPU akan bertugas untuk mendeteksi objek dan memungkinkan ISP untuk menyempurnakan pencahayaan, rona, white balance, ketajaman, saturasi gambar dan berbagai aspek gambar lainnya. 

Codec multi-format (MFEC) pada Exynos 980 mendukung pengkodean dan penguraian UHD 4K pada 120fps. Pengguna dapat mengaburkan latar belakang video dengan menambahkan kedalaman bidang yang lebih besar, menggunakan kemampuan AI NPU. Chipset ini  juga mendukung Wi-Fi 6 yang menawarkan kecepatan lebih cepat yang memungkinkan pengalaman gaming online bebas-jeda atau sesi streaming video resolusi tinggi bebas buffer melalui jaringan Wi-Fi. Tak hanya itu, Samsung juga membekali mendukung Bluetooth v5.0 untuk konektivitas multi-perangkat dan GNSS untuk pemetaan lokasi yang akurat.

Samsung sendiri menyatakan bahwa chipset ini dirancang untuk digunakan pada perangkat kelas menengah. Rumor menyebut bahwa Samsung Galaxy A71 akan menjadi smartphone Samsung pertama yang hadir dengan chipset ini. Samsung juga sudah menjalin kerjasama dengan Vivo untuk menghadirkan chipset ini ke perangkat vivo X3 dan X3 Pro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here