Chipset 5G MediaTek Akan Meluncur Awal Tahun Depan

0
39
mediatek

MediaTek dilaporkan sedang mengerjakan chipset dengan dukungan konektivitas 5G. Nah, baru-baru ini CEO MediaTek, Cai Lixing mengungkapkan bahwa smartphone dengan chipset 5G tersebut akan meluncur pada kuartal pertama tahun depan. 

Hal ini menunjukkan bahwa smartphone 5G dengan MediaTek di dalamnya akan hadir dalam rentang waktu Januari hingga Maret tahun depan. Tidak hanya itu, Cai Lixing  juga mengungkapkan bahwa perusahaannya akan meluncurkan chipset 5G untuk perangkat kelas menengah dan entry level untuk memenuhi permintaan pasar. 

Untuk diketahui, MediaTek sebelumnya dilaporkan sudah memiliki prosesor 5G yang terintegrasi dengan modemnya. Chipset itu dibuat dengan fabrikasi 7nm dan memiliki 5G multi-mode. Di dalamnya juga tersemat modem Helio M70. Perusahaan itu juga mengungkapkan prosesor yang belum memiliki nama ini memiliki inti CPU Cortex-A77 dan GPU Mali-G77. 

Lebih lanjut, yang dimaksud MediaTek dengan multimode adalah dukungan konektivitas 2G/3G/4G/5G. Chipset ini juga sudah mendukung Radio NR 5G bersama dengan arsitektur 5G standalone (SA) dan non-standalone (NSA), pita frekuensi sub-6GHz dan sejumlah teknologi kunci 5G lainnya. 

Ini Spesifikasi Lengkap Exynos 980

Untuk diketahui, MediaTek merupakan salah satu anggota “5G Device Forerunner Initiative”. Diharapkan solusi 5G dari MediaTek dapat semakin memperkuat adopsi 5G pada smartphone yang akan datang. Untuk mengembangkan solusi 5G, perusahaan ini juga menjalin kerjasama dengan China Mobile, Huawei, Nokia, NTT Docomo dan sejumlah perusahaan lainnya. 

Kabarnya perusahaan ini akan mengumumkan prosesor mobil 5G pertamanya ini dalam acara MediaTek Summit. Acara ini sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada 26 November. Di samping itu, Redmi pun dilaporkan sedang mengerjakan smartphone 5G yang ditenagai dengan chipset MediaTek ini. Perusahaan ini sendiri menargetkan untuk mengirimkan 60 juta chipset 5G tahun depan. Secara khusus, MediaTek akan menyasar vendor-vendor asal China untuk mengadopsi teknologi buatannya ini. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here