Xiaomi Patenkan Desain Lima Kamera Pop Up

0
92
xiaomi

Smartphone dengan lima kamera belakang mungkin belum banyak ditemui saat ini. Xiaomi adalah salah satu merek yang mengusung konsep tersebut. Dengan meluncurkan Mi CC9 Pro dan Mi Note 10, Xiaomi membuktikan bahwa konfigurasi lima kamera belakang dapat diwujudkan, apalagi kamera utama hadir dengan resolusi 108MP. 

Namun baru-baru ini, perusahaan asal China tersebut kembali menggugah dunia maya dengan patent terbaru. Bukan lagi dengan lima kamera belakang, kali ini, perusahaan China itu mengajukan paten lima kamera baru dengan desain pop up. 

Yang menarik adalah, bersamaan dengan lima kamera pop up itu, Xiaomi juga menghadirkan desain smartphone lipat. Smartphone ini nantinya akan dapat dilipat ke luar. Tergantung pada bagaimana pengguna memegangnya, kamera ini dapat menjadi kamera selfie atau pun kamera belakang. 

Beredar! Begini Bocoran Huawei Nova 6 5G, Intip dulu Fiturnya

Ketika dalam keadaan terbuka, lima kamera pop up ini akan berada pada layar bagian kiri, sementara dalam keadaan terlipat, lima kameranya persis berada di bagian tengah. Namun harus dipahami bahwa ini baru sekadar paten. Belum ada tanda-tanda kalau Xiaomi akan menghadirkan perangkat ini sebagai smartphone komersil yang dapat dibeli. 

Beberapa waktu belakangan ini, perusahaan asal China tersebut tampak menggenjot lini R&D mereka untuk memberikan konsep baru pada smartphone buatannya. Bulan September lalu, perusahaan ini menghadirkan smartphone purwarupa bernama Mi Mix Alpha. Smartphone itu hadir dengan layar hampir menutup seluruh bodi perangkat tersebut. Rasionya dikatakan mencapai 180,6 persen. Tidak hanya itu, kamera 108MP juga menjadi konfigurasi kamera utama pada smartphone ini. 

Inovasi pun berlanjut. Baru beberapa waktu belakangan ini, perusahaan tersebut juga menghadirkan Mi CC9 Pro dengan lima kamera belakang. Itu khusus untuk pasar China saja. Sementara di pasar global, Xiaomi mengubah nama perangkat tersebut menjadi Mi Note 10 dengan spesifikasi yang sama persis. 

Desain kamera pop up sebenarnya bukan Xiaomi yang memulainya. Sebelumnya, Vivo sudah menginisiasi tren ini melalui perangkat Vivo Nex. Namun seiring berjalannya waktu, desain ini semakin berkembang dengan bertambahnya jumlah kamera pop up yang diberikan.