NASA Pamer Pesawat Listrik Terbarunya X-57 Maxwell

0
317
NASA Pesawat Listrik X-57 Maxwell

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau dikenal dengan NASA, mengembangkan sebuah pesawat masa depan bertenaga listrik, X-57 Maxwell. Hal ini menjadi perhatian banyak pihak lantaran teknologi pesawat dengan listrik baru dikenalkan oleh badan yang punya ketertarikan soal luar angkasa tersebut.

Dilansir Reuters, NASA memamerkan versi awal dari pesawat eksperimental listrik pertama, bernama X-57 Maxwell, Jumat (8/11). Pesawat listrik kecil ini diadaptasi dari pesawat baling-baling bermesin ganda Tecnam P2006T buatan Italia.

Meski baru pertama kali diperkenalkan secara umum, namun pengembangan pesawat terbang listrik ini sudah berjalan sejak tahun 2015 lalu.

Lagi! AMD Luncurkan Ryzen 9 3950X, Chipset X570, dan Athlon 3000G Lebih Canggih

Namun, NASA menjelaskan bahwa saat ini pesawat tersebut masih memerlukan waktu sekitar satu tahun lagi sebelum melakukan tes terbang pertamanya yang dijadwalkan Pangkalan Angkatan Udara Edward, California, Amerika Serikat.

Pesawat Listrik X-57 Maxwell

Sedangkan untuk mesin utamanya, NASA membenamkan 14 motor listrik yang ditenagai baterai ion lithium yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Sementara untuk mengobati rasa penasaran akan pengalaman menggunakan pesawat terbang bertenaga listrik, NASA telah membuat simulator yang memungkinkan para insinyur dan pilot merasakan seperti apa rasanya sensasi menerbangkan pesawat listrik tersebut.

Itulah pesawat terbang listrik yang dikembangkan badan antariksa ini. Jadi penasaran ingin coba? Kita tunggu saja.