Aplikasi Tumblr Kini Punya Grup Percakapan untuk Komunitas

0
40
Aplikasi Tumblr Group Chat

Web mikrobloging Tumblr merilis fitur baru bernama Group Chat. Fitur ini mirip grup percakapan di layanan pesan instan milik Telegram, WhatsApp, atau Facebook. Bedanya, Group Chat di Tumblr memiliki sebagian perbedaan, salah satunya bersifat publik alias terbuka. Dengan demikian, siapa saja bisa bergabung ke dalam group chat tersebut walaupun hanya menjadi pembaca diam atau penyimak.

Mengutamakan Keamanan Pengguna

Seandainya kamu ingin ikut serta nimbrung dalam percakapan, pengguna perlu minta untuk bergabung terlebih dulu. Apabila administrator sudah memperkenankan, maka kamu sebagai pengguna bisa mengirim pesan di dalam grup. Cuma saja, kapasitas optimal anggota grup ini baru bisa 100 orang. Fitur ini bisa ditemukan dengan mengklik ikon perpesanan yang ada di pojok kanan atas aplikasi. Nantinya akan ada sebagian pilihan Group Chat tematik yang bisa dipilih, seumpama grup pembuat film, grup pencinta puisi, grup jajan, dan sebagainya.

Mau Bebas Iklan dan Download Lagu di YouTube Music? Coba Tips Ini

Tinggal pilih group chat mana yang temanya kamu anggap menarik. Perbedaan lain fitur Group Chat di Tumblr bila disandingkan di platform lain seperti Facebook ialah, semua pesan akan hilang dalam waktu 24 jam. Group Chat menjadi salah satu terobosan di Tumblr yang memudahkan penggunanya berkumpul dalam satu grup percakapan, dengan topik yang sama. Selama ini, mereka cuma dapat saling membalas komentar di masing-masing unggahan atau me-repost (unggah kembali) postingan. Selain bercakap di grup, pengguna juga dapat berkirim pesan dengan anggota grup secara personal.

Scott Oltrogge, Product Manager Tumblr mengungkapkan, dalam mencetuskan ide ini Tumblr konsisten mengutamakan keamanan pengguna, dirangkum dari The Verge, Jumat (8/11). Salah satu caranya yaitu dengan memberikan otoritas grup terhadap pemilik grup atau administrator untuk membatasi anggotanya.

Seluruh member dalam grup itu juga memiliki hak melaporkan pengguna yang kedapatan mengumbar ujaran kebencian, atau pesan bernada kekerasan. walau cuma adiministrator grup saja yang punya kewenangan mengeluarkan member dari grup.

Tumblr juga membatasi media yang dapat disisipkan dalam percakapan seperti foto dan GIF. Mereka cuma dapat menerapkan foto dan GIF yang tersedia di Tumblr saja dalam Group Chat. Oltrogge juga mengatakan group chat Tumbr tak dapat diciptakan rahasia sebab memang dirancang untuk pengalaman obrolan terbuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here