Snapdragon 865 Akan Rilis Bulan Depan

0
28
Snapdragon 865

Qualcomm mulai bersiap untuk meluncurkan chipset Snapdragon 865. Perusahaan ini kabarnya akan memperkenalkan chipset baru itu pada DEsember mendatang. Seperti biasa, pengumuman itu akan dibuat dalam acara Tech Summit yang berlangsung pada 3-5 Desember 2019 di Maui, Hawaii. 

Sayangnya, belum banyak informasi yang tersedia terkait Snapdragon 865. Yang jelas, kali ini bukan TSMC yang akan merakit perangkat tersebut. Samsung lah yang didapuk merakit perangkat ini. Snapdragon 865 dibuat dengan proses fabrikasi 7nm dengan proses UEV milik Samsung. 

Kabarnya Qualcomm akan menghadirkan chipset ini dalam dua varian, yakni dengan modem 5G dan dan yang tidak mendukung jaringan 5G. Untuk Snapdragon 865 yang mendukung 5G, akan dilengkapi dengan modem 5G X55 milik Qualcomm. Sementara versi biasa kabarnya akan dipasarkan di wilayah yang belum mendukung 5G, seperti India. Tidak hanya itu, versi biasa bakal dibanderol dengan harga lebih murah ketimbang versi 5G. 

Instax Mini 9 Hadir Dengan Tema Disney

Samsung akan memproduksi Snapdragon seri ini di pabriknya di Hwaesong, Korea Selatan. Untuk diketahui, proses EUV ini berbeda dengan FinFET milik TSMC. kabarnya versi EUV menawarkan daya tahan yang lebih baik sekitar 15-20 persen. 

Meski belum banyak informasi yang tersedia, namun rumor menyebut bahwa seri ini akan hadir dengan tiga klaster seperti pada Snapdragon 855. Klaster itu akan tersusun dari 1+3+4 dan menggunakan Cortex-A77 yang sudah dikustomisasi. 

Belakangan, situs Geekbench memunculkan hasil pengujian skor dari chipset ini. Bocoran IceUniverse menyebut bahwa skor pengujian Snapdragon 865 memiliki skor single core 4250 dan multi core 13300 dalam pengujian menggunakan GeekBench 4. 

Selain itu, chipset terbaru Qualcomm ini kabarnya akan hadir dengan Adreno baru dan dukungan untuk LPDDR5 RAM. 

Sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi yang dimiliki chipset terbaru ini. Tampaknya Qualcomm masih menutup rapat informasi itu sampai waktu merilisnya nanti. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here