Yeay! Spotify Kini Luncurkan Aplikasi Lebih Colourful Khusus Anak-Anak

0
167
Spotify Kids

Salah satu platform streaming musik terpopuler, Spotify kini meluncurkan aplikasi mandiri eksklusif yaitu ‘Spotify Kids’. Demi memberi ruang yang aman bagi anak-anak dalam mengeksplorasi dan mendengarkan musik.

Platform streaming musik asal Swedia ini disesuaikan untuk anak-anak usia tiga tahun keatas, menariknya lagi kamu bisa mengaksesnya dengan langganan keluarga premium.

Dilansir dari laman Ubergizmo, Spotify Kids dipilih sendiri oleh tim ahli editor dikurasi konten untuk anak-anak. Konten tersebut meliputi audio atau musik-musik dari Nickeledeon, Disney, Discovery Kids dan Universal Pictures.

Tak hanya itu, Spotify Kids ini dilengkapi dengan layanan Publik di Swedia dan BookBeat yang merupakan layanan streaming audio yang berorientasi keluarga dan anak-anak. Secara teknis, aplikasi Spotify Kids ini akan terasa dan terlihat sangat berbeda dibandingkan dengan aplikasi Spotify primer.

Perlu dicatat bahwa layanan ini masih dalam versi beta dan hanya terbatas di Irlandia untuk saat ini. Platform Spotify khusus anak-anak ini akan mulai diluncurkan ke pasar secara global dengan berlangganan Premium Family, yang dipatok sebesar $14,99 per bulan di AS (atau Rp79.000 di Indonesia).

Youtube Music Kini Didukung Siri dan Aplikasi Dekstop Mirip Spotify

Hal ini sebagian karena Spotify Kids tidak akan menampilkan iklan, yang merupakan fitur eksklusif bagi pendengar berbayar. Setiap akun anak akan dihitung sebagai satu dari total enam akun yang diperbolehkan dalam paket keluarga.

Kemudian, Spotify masih dapat membagikan data itu dengan pihak ketiga untuk tujuan lain, seperti menghubungkan akun Kids ke TV. Hal-hal yang dapat dibagikan Spotify diuraikan jelas dalam kebijakan privasi.

Aplikasi ini tersedia untuk pengguna iOS dan Android terlihat seperti versi yang efisien dari Spotify, difokuskan pada hanya satu feed yang penuh dengan playlist penuh warna. 

Spotify menyediakan 12 avatar monster menggemaskan yang dapat dipilih anak-anak, dan skema warna aplikasi akan berubah berdasarkan avatar mana yang mereka pilih.

12 avatar monster yang bisa dipilih.

Bagi Spotify, aplikasi ini dapat memberikan beberapa keuntungan besar. Pertama, aplikasi ini menjadikan Spotify Premium Family lebih menguntungkan bagi orang tua yang mungkin sudah mempertimbangkan akan menggunakan akun premium pribadi terpisah. 

Selain itu, ini juga menjadi cara awal untuk membawa anak-anak ke ekosistem perusahaan. Saat ini belum ada cara untuk memindahkan akun Spotify Kids ke Spotify biasa, tetapi begitu anak-anak siap untuk pindah dari aplikasi mereka, mereka bisa tinggal membuat akun biasa—terutama karena mereka sudah berada di paket keluarga.

Dan untuk kapan Spotify Kids ini akan dipasarkan secara luas, kita tunggu saja ya.