Pengaman Sidik Jari di WhatsApp Sudah Bisa Digunakan

0
245
whatsapp

Whatsapp sudah mengumumkan bahwa aplikasinya dapat dikunci dengan menggunakan sidik jari untuk perangkat Android. Kemudian awal tahun ini, perusahaan itu juga memberikan dukungan serupa untuk perangkat iOS. 

Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna harus membuka kunci aplikasi bahkan setelah pengunci layarnya dibuka. Hal ini diklaim akan memberikan pengamanan ganda pada aplikasi tersebut. Fiturnya serupa dengan fitur keamanan ekstra yang ditawarkan beberapa aplikasi perbankan. Dengan begini, pengguna WhatsApp tak perlu lagi khawatir akun mereka diakses oleh orang lain. 

Meski sudah mengumumkan hal tersebut sejak lama, namun fitur ini belum tersedia pada semua wilayah operasi WhatsApp. Kala itu, anak perusahaan Facebook ini mengatakan bahwa fitur tersebut dapat diaktifkan melalui menu pengaturan privasi di dalam aplikasi. Dalam menu tersebut akan terdapat tambahan untuk mengaktifkan keamanan menggunakan sidik jari. 

Malware xHelper Hampir Tidak Bisa Dihapus dari Ponsel Android

Aplikasi ini sendiri menawarkan beberapa opsi yang dapat dipilih pengguna. Dengan mengaktifkan fitur keamanan ini, pengguna dapat membiarkan aplikasi tidak terkunci selama 30 menit. Tidak hanya itu, terdapat pula pilihan untuk mencegah isi pesan yang diterima ditampilkan pada pemberitahuan. 

Sebagaimana sudah disebut, fitur ini sudah diumumkan sejak lama untuk perangkat Android. Namun sampai Agustus lalu, fitur ini baru tersedia untuk pengguna WhatsApp Beta saja. Itu pun tidak semua pengguna menerimanya. Di sisi lain, pengguna iOS sudah dapat menggunakan fitur ini tidak lama setelah diumumkan oleh WhatsApp. Tidak hanya itu, pengguna iOS juga dapat menggunakan Face ID sebagai tambahan pengaman di samping Touch ID. 

Namun kabar gembiranya, fitur tersebut saat ini sudah tersedia untuk seluruh pengguna Android. Namun harus diketahui, pengguna mesti mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk ikon berbentuk tiga titik vertikal pada kolom Chat. Kemudian pilih Settings. 

Selanjutnya, pilih menu Privacy. Nah dalam menu ini, gulung layar hingga paling bawah. Di sini, akan terdapat menu tambahan untuk mengaktifkan pengamanan sidik jari. Ketuk dan ikuti prosedurnya. 

Dengan cara ini, fitur pemindai sidik jari di aplikasi ini akan aktif. Nantinya, setiap membuka aplikasi ini, pengguna diharuskan memindai sidik jari mereka, layaknya ketika membuka kunci layar.