Tencent Terus Perangi Cheater di PUBG Mobile

0
131
pubg mobile

PUBG Mobile saat ini sudah dimainkan oleh sekitar 100 juta pemain setiap bulannya. Semenjak dirilis pada Februari 2018, game ini sudah memiliki basis pengguna setianya sampai saat ini. Meski begitu, masih banyak pemain yang mengeluh bertemu dengan cheater selama memainkan game tersebut. 

Untuk itu, Tencent terus bekerja keras untuk meningkatkan sistem yang mampu mendeteksi kecurangan dalam game. Bahkan perusahaan asal China ini mengklaim ada ribuan cheater yang berhasil diblokir setiap hari. Untuk diketahui, PUBG Mobile memiliki tim khusus yang beranggotakan 300 orang untuk bekerja menghalau para cheater tersebut. 

“Hal paling penting yang harus diketahui adalah jumlah cheater yang diblokir hanya sebagian kecil dari seluruh pemain aktif game ini.” ungkap seorang perwakilan dari Tencent. 

Call of Duty Mobile Jadi Game Paling Populer Saat Ini

Sumber itu juga menyebut bahwa kecurangan dalam game adalah perilaku yang tidak dapat diterima. Pihaknya mengklaim sudah mengamati media sosial terkait tindakannya memblokir para cheater tersebut. Hasilnya, ada banyak orang yang mengapresiasi langkah tersebut. 

Ada tiga tools utama yang digunakan tim PUBG Mobile dan Tencent untuk menemukan cheater. Pertama, deteksi pada level software. Kedua, mengamati perilaku tidak wajar dalam game dan ketiga, mengobservasi game itu secara langsung. Dengan kata lain, tim ini mengamati dan menganalisa perilaku setiap pemain game tersebut untuk menemukan tanda-tanda kecurangan. 

Yang menjadi masalah adalah, PUBG Mobile adalah game gratis. Setiap orang dapat membuat akun baru untuk melakukan kecurangan kembali. Sampai saat ini, Tencent enggan melakukan blokir pada tingkat alamat IP. Hal ini dikhawatirkan bisa mengenai para pemain yang bermain dengan jujur. 

“Sebagai contoh, jika kita memberlakukan pemblokiran IP. Pemain bukan cheater bisa saja diblokir jika ia masuk dengan IP yang sebelumnya digunakan oleh cheater tersebut. Masalah lain, identitas perangkat dapat saja dipalsukan. Pemalsuan dengan identitas asli akan berdampak pada pemain non-cheater.” ungkap sumber yang enggan disebutkan namanya itu. 

Sampai saat ini, Tencent masih terus bekerja mengembangkan sistem pendeteksi cheater tersebut. Bahkan baru-baru ini, Tencent memberikan notifikasi pada pengguna jika laporan mereka sudah ditanggapi. Dengan ini, Tencent ingin menunjukkan pada pemain PUBG Mobile bahwa laporan mereka berguna dan ditanggapi dengan serius.