Mau Privasi Tetap Aman? Ini 7 Mesin Pencari Selain Google Patut Dicoba

0
256
Mesin Pencari

Kamu mungkin pernah mengalami data search kamu bocor dan diketahui orang asing melalui mesin pencari yang dipakai bersama. Nah, lalu gimana sih biar data dan privasi kamu aman selagi berselancar di dunia maya? Dan, situs mesin pencari apa saja selain Google agar tetap terjaga?

Seiring berkembangnya teknologi, maka mesin pencari atau serach engine juga turut berkembang menjadi lebih canggih. Sayang, Google yang menjadi patokan khusus search engine juga butuh hidup. Semua data yang mereka kumpulkan dari hasil pencarianmu akan mereka gunakan untuk iklan dan membantu perusahaan lain yang ingin memasang iklannya dengan datamu.

Hal ini tentunya dibuktikan dengan riwayat browsing dan pencarianmu. Membuat iklan yang ditampilkan Google akan berbeda sesuai apa yang sering kamu cari di Internet. Jadi jika kamu suka mencari sesuatu hal, maka tak heran iklan yang muncul akan berkaitan dengan hal yang dicari. Terlebih, jika PCmu digunakan oleh banyak orang.

Namun tenang, beberapa perusahaan yang memahami hal tersebut telah menciptakan berbagai alternatif yang nggak kalah dengan Google. Beberapa situs mesin pencari selain Google di bawah akan menjaga privasimu agar tetap aman dari pihak ketiga, antara lain;

7. Search Encrypt

Pavilion Gaming 15, Laptop Gaming Teranyar dari HP Bertenaga AMD Ryzen 7

Selain Google, Search Encrypt tawarkan untuk cegah online tracking dan enkripsi lokal. Jadi kamu akan tetap aman berkat enkripsi AES-256 bit standar industri yang mereka implementasikan bersama Secure Sockets Layer untuk perlindungan enkripsi total. Hal tersebut berarti kamu akan aman dari tracker online maupun rekanmu yang menggunakan PCmu. Buat “aktivitas pribadi”mu takkan bisa dilihat historynya oleh siapapun.

6. Qwant

Qwant menjadi salah satu mesin pencari lain yang pentingkan privasimu. Mereka berjanji takkan menyimpan search data atau mengambil data personalmu untuk iklan. Meskipun sangat bersahabat, namun Qwant miliki banyak fitur. Salah satunya adalah quick search shortcut dan yang lain.

5. Gibiru

Jika alternatif Google yang lain fokus pada privasi usernya, maka Gibiru fokus pada konten yang disensor. Jika kamu tidak tahu, sebenarnya semua konten yang kamu temukan di search engine itu disensor terlebih dahulu sebelum ditampilkan di depan wajahmu. Semua demi kebaikan umum. Namun tidak jika kamu menggunakan Gibiru. Semua pencarianmu akan ditampilkan tanpa sensor sama sekali. Hal ini dibantu dengan proxy yang tertanam di dalam search enginenya.

Mode Gelap iOS 13 Teruji Bikin Baterai iPhone Lebih Awet

4. Startpage

Mesin pencari selain Google ada Startpage. Startpage sebenarnya adalah proyek kedua dari developernya dengan produk pertamanya bernama IxQuick. Ia hadirkan hasil pencarian Google dan mesin pencari IxQuick namun tak perbolehkan Google untuk melacak hasil pencarianmu. Kamu takkan ditrack dan datamu takkan disimpan. Jadi kamu akan bebas berselancar di internet tanpa khawatir tentang apapun

3. Yahoo! Search

Sudah berumur namun ketinggalan zaman, itulah Yahoo! Search. Namun tak bisa dipungkiri bahwa mereka menjadi mesin pencari selain Google yang paling senior di antara yang lain. Setelah Yahoo! bereksperimen dengan search engine lain. Kini mereka bekerjasama dengan Microsoft melalui produk Bing mereka untuk menampilkan hasil pencarian. Ia miliki 38 bahasa internasional, Bing search result, finansial, image, dan cuaca. Pengaturan privasinya juga lebih baik dari yang lain termasuk Google.

2. Bing

Meski tak setenar Google, Bing milik Microsoft merupakan situs mesin pencari yang miliki nyaris semua fitur yang ditawarkan Google. Mulai dari map, news, video, images, hingga MSN, office, dan layanan email kerja Outlook. Ia juga memiliki safe-search, ads, finance, dan yang lain. Namun hal tersebut bisa disetting dengan mudah dan nggak pake ribet. Karena mereka takkan mengunci settingnya. Selain itu, Bing juga bisa diintegrasikan dengan Facebook, Apple, dan semua hardware yang menggunakan Windows.

1. Duckduckgo

Duckduckgo merupakan situs pencari yang nampaknya menjadi patokan Google untuk tampilannya. Sekilas tampilan visualnya mirip banget sama Google karena pada dasarnya perusahaan multinasional tersebut memang sengaja mengkopi tampilan Duckduckgo. Situs ini merupakan situs tanpa sensor dan takkan mentrack apapun yang kamu cari. Ibaratnya ia merupakan Chrome yang menggunakan Incognito Mode, namun dalam bentuk mesin pencari.

Perusahaannya menjamin semua data pencarianmu langsung hilang setelah kamu menutup browser kecuali kamu mengaktifkannya. Mereka takkan mengoleksinya demi kebutuhan perusahaan. Oleh karenanya banyak orang yang berpindah ke mesin pencari yang satu ini untuk masalah privasi. Namun perlu diingat, kamu harus sedikit berusaha keras mencari karena mereka tak miliki bot dengan akurasi tinggi seperti perusahaan pemilik Android tersebut.

Itulah 7 mesin pencari yang bisa jaga privasi kamu tetap aman sentosa. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here