Segini Kecepatan 5G di Huawei Mate X

0
431
Huawei Mate X

Huawei Mate X susah diperkenalkan sejak Februari lalu. Namun kehadiran smartphone lipat ini harus tertunda beberapa kali. Perusahaan asal China ini tidak menyebutkan alasan pasti penundaan tersebut. Namun tampaknya, ponsel ini sudah semakin dekat. Pasalnya, presiden Huawei, Alex Zhang baru-baru ini membagikan data kecepatan internet 5G dari smartphone lipat tersebut. 

Untuk diketahui, dalam foto yang dibagikan, Alex terlihat menggunakan Huawei Mate X untuk menguji kecepatan internet 5G di Wuzhen. Dari gambar tersebut, terlihat bahwa Mate X mampu meraih kecepatan download hingga 750Mbps. Kecepatan ini sudah terbilang sangat baik. 

Mate X digadang-gadang sebagai smartphone pertama yang mendukung dual mode 5G. Artinya smartphone ini sudah mendukung jaringan NSA (Non Standalone) dan SA (Standalone) 5G. 

Samsung Siapkan Teknologi Kamera Bawah Layar Tahun Depan

Perlu dipahami bahwa semua smartphone 5G yang ada saat ini baru mendukung mode NSA saja. Hal ini berarti bahwa jaringan 5G yang ada saat ini masih ditopang oleh infrastruktur milik 4G. Pengguna bisa beralih dari 5G ke 4G jika koneksi 5G belum tersedia. Sementara mode SA, akan dapat digunakan ketika jaringan 5G sudah lebih baik. Artinya mode ini hanya akan menghubungkan smartphone pengguna ke internet generasi kelima itu. Dengan adanya SA dan NSA, Mate X sudah mendukung kedua jaringan ini. 

Masih seperti saat pertama kali diumumkan, Mate X hadir dengan modul layar yang dapat dilipat ke luar. Ada empat lapisan struktur di sini. Pertama, lapisan paling atas terdiri dari pelindung layar berbahan polimer, sementara lapisan kedua adalah layar fleksibel yang dapat dilipat. Di lapisan ketiga terdapat lembaran pendukung layar tersebut. Dan terakhir, adalah inti bodi dari Mate X. 

Sebuah render menunjukkan bahwa dalam posisi terbuka, akan terpampang layar yang simetris. Tak hanya itu, pengguna diklaim akan dapat melakukan multitasking dengan membuka aplikasi berbeda pada masing-masing layar. 

Sudah lebih dari 6 bukan smartphone ini tak kunjung dirilis Huawei. Meski begitu, kabar terbaru menyebut bahwa Huawei akan meluncurkan Mate X pada 23 Oktober mendatang.