Olympus Umumkan Kamera Mirrorless E-M5 Mark III!

0
41
Olympus Mirrorless
Ilustrasi: Olympus Mark III

Sudah lama dinanti-nanti sejak kemunculan Olympus OM-D E-M5 Mark II pada empat tahun yang lalu, Olympus akhirnya memperbarui seri kamera mirrorless tersebut dengan memperkenalkan model baru bernama OM-D E-M5 Mark III, pekan ini.

Masih mengandalkan bodi retro, E-M5 Mark III dibuat lebih tangguh dan canggih. Seperti tahan suhu dingin, debu, dan percikan air dengan sertifikasi IPX1, alias mampu menghadapi tetesan air vertikal seperti ketika hujan turun.

Model tambahan untuk seri menengah dari Mark II, E-M5 Mark III mewarisi beberapa fitur dari kamera flagship tersebut, seperti sensor micro four-thirds 20 MP bersama titik phase detect AF sebanyak 121 buah.

Dengan prosesor gambar TruePic VIII dan ISO 200-25.600, E-M5 Mark III mampu menjalankan fitur-fitur terkini, termasuk mendeteksi wajah dan mendeteksi mata (eye detection) untuk mengarahkan fokus ke mata subyek.

Alibaba Cloud Gelar Kompetisi Startup di Indonesia

Kemampuan burst shot kamera ini mencapai 6 FPS dengan shutter mekanik dan continuous autofocus, atau 10 FPS dengan electronic shutter. Angkanya bisa didongkrak mencapai 30 FPS dengan syarat fokus dikunci di frame pertama (non-tracking).

Olympus juga telah memasang teknologi IBIS atau in-body image stabilizer yang dipercaya mampu menghasilkan kompensasi hingga 6,5 stop dengan lensa yang kompatibel. Seperti yang terdahulu pada kamera seri OM-D lainnya, Mark III dibekali electronic viewfinder (EVF, OLED) yang dimuat di bagian tengah kamera dan membuatnya bergaya seperti DSLR.

Bila dilihat bagian belakangnya terdapat layar sentuh 3-inci yang dapat diputar ke berbagai arah, dan untuk memudahkan pemotretan selfie maupun vidio.

Untuk kemampuan video turut dipercanggih dengan menambahkan format perekaman 120 FPS di resolusi 1080p dan DCI Cinema 4K 30 FPS. Rencananya Olympus E-M5 Mark III ini akan mulai siap dipasarkan pada pertengahan November mendatang dalam pilihan warna hitam atau silver. Harga yang dibanderol untuk kamera mirrorless ini sebesar 1.199 dollar AS (Rp 17 juta) untuk body-only, dan 1.799 dollar AS (Rp 25,4 juta) untuk versi kit dengan lensa 14-150mm f/4-5.6 II.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here