Cara Merawat Jam Tangan Smartwatch, Gampang kok!

0
137
ilustrasi: Smartwatch

Dengan perangkat dan material yang berbeda dari jam tangan biasa, tentunya smartwatch punya penanganan dan perawatan yang berbeda dibandingkan jam tangan analog. Jika tidak dirawat dengan baik, maka jam tangan Anda bisa mudah dan lebih cepat rusak. Karena itu, ikuti beberapa cara merawat jam tangan smartwatch agar tahan lebih lama dan tidak cepat rusak.

Rawat baterai smartwatch dengan baik

Seperti kebanyakan gadget lainnya, baterai adalah nyawa dari sebuah perangkat elektronik. Untuk smartwatch, biasanya menggunakan baterai yang bisa diisi ulang, atau rechargeable battery. Sebagian besar smartwatch memiliki baterai berdaya tahan lama, seperti Samsung Galaxy Watch Rose Gold dalam sekali pengisian baterai. Dengan begitu, kamu perlu mengisi daya baterai tersebut agar jam tangan dapat digunakan. Perlu kamu ketahui, jika kamu tidak merawat baterai ini dengan baik, maka kemungkinan besar baterai gampang rusak, terutama bila kamu sering mengisi daya terlalu lama padahal sudah penuh.

Salah satu cara merawat jam tangan smartwatch adalah dengan lebih memperhatikan indikator baterai agar tidak mengisi daya terlalu lama. Baca pada buku petunjuk, karena biasanya disebutkan lama waktu yang diperlukan untuk pengisian daya hingga penuh. Ketika sudah penuh Segera cabut dari stop kontak listrik. Hindari membiarkan baterai jam tangan mati total karena kehabisan daya. Karena perangkat elektronik membutuhkan sedikit daya yang tersisa untuk menyimpan memori. Membiarkan daya habis total, juga akan merusak perangkat smartwatch kamu.

Jaga kebersihan konektor untuk mengisi daya

Jika smartwatch kamu didesain waterproof atau water resistant, biasanya pada bagian konektor pengisi daya akan dilengkapi dengan karet pelindung agar tidak kemasukan air. Ini juga akan menghambat debu masuk ke bagian konektor. Debu yang menumpuk pada konektor tersebut dapat dengan cepat merusak perangkat elektronik. Selain akan merusak IC, juga mengganggu pengisian daya. Jika jam tangan pintar kamu tidak dilengkapi karet pelindung pada bagian konektor, kamu harus selalu menjaganya agar tidak terkena debu. Simpan di tempat tertutup dan selalu bersihkan dengan cotton bud, atau kain yang lembut. Jangan mencongkelnya dengan benda keras atau tajam.

Google Pixel 4 Series Hadir, Bawa Teknologi Radar

Lindungi layar dari goresan

Tidak seperti jam tangan analog yang menggunakan pelindung dial dari kristal anti gores, smartwatch menggunakan layar sentuh LED yang tidak semuanya menggunakan material anti gores. Karena itu, kamu perlu melindungi layar dari goresan benda-benda dengan permukaan kasar. Gunakan pelapis anti gores yang bisa kamu sesuaikan dengan tipe smartwatch yang kamu punya. Layar smartwatch yang terdapat banyak goresan tak hanya akan mengurangi nilai estetikanya, tapi juga mengurangi sensitivitas sentuhannya saat kamu ingin mengoperasikan jam tangan pintar kamu.

Bersihkan layar segera saat terkena kotoran

Karena jam tangan berada di bagian ujung tangan Anda, jam tangan adalah benda yang mudah terpapar kotoran sehari-hari. Untuk membersihkan layarnya, cukup gunakan kain microfiber. Ingat, gunakan kain microfiber yang bersih, jangan gunakan yang bekas pakai karena kemungkinan ada banyak penumpukan residu di permukaan kain. Hindari menggunakan cairan kimia untuk membersihkan smartwatch, walau jam tangan kamu waterproof atau water resistant.

Rawat strap dengan baik, atau ganti bila sudah usang

Cara Merawat Earphone Nirkabel Agar Awet & Tak Cepat Rusak

Untuk membersihkan strap, sesuaikan perawatannya berdasarkan materialnya. Strap kulit dapat kamu bersihkan dengan pembersih khusus kulit dengan kondisioner. Strap silicon bisa dibersihkan dengan campuran air hangat dan sabun cuci tangan, akan lebih baik jika kamu mencopot strap dari smartwatch sebelum membersihkannya. Strap dari logam lebih sulit dibersihkan, dan kamu wajib melepaskan strap dari smartwatch saat membersihkannya. Rendam di campuran air hangat dan sabun cair, setelah beberapa saat, sikat dengan sikat gigi lembut pada sela-sela rantai.

Hindari terkena cipratan air atau cairan lain

Cipratan air mungkin tidak akan menjadi perhatian kamu ketika kamu memiliki smartwatch yang tahan air. Seperti Fossil Smartwatch Gen 4 Venture HR yang punya fitur swimproof karena ketahanannya pada air. Namun, bagaimana pun juga, sifat air dapat merusak logam dan perangkat elektronik. Jika jam tangan kamu sering terkena cipratan air, dan kamu membiarkannya, bisa-bisa air tersebut membekas di permukaan smartwatch. Dan bila yang menempel adalah cairan lain selain air, itu akan menjadi lebih buruk lagi dampaknya. Jadi, untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan, lebih baik jauhkan jam tangan pintar kamu dari cipratan air.

Hindari menyimpan di tempat yang lembap

Kelembaban adalah musuh dari semua perangkat elektronik. Udara yang lembab sudah pasti mengandung air, dan air dapat merusak perangkat apa pun yang mengandung listrik dan logam. Belum lagi jamur yang dapat muncul di permukaan yang lembap. Karena itu, simpan jam tangan pintar kamu di tempat yang kering dan jauh dari udara lembap. Jika perlu, letakkan ke dalam dry box, bisa juga kamu masukkan di tempat khusus jam tangan lalu masukkan silica gel ke dalam tempat tersebut.