Samsung bakal fokus kembangkan QLED

0
43
SAMSUNG QLED 8K TV

Samsung dan LG selama ini dikenal dengan teknologi layarnya, baik itu untuk smartphone atau peralatan elektronik lainnya. Namun dominasi keduanya mulai diusik oleh manufaktur asal China, seperti BOE dan Tianma. Karena hal itu pula lah, Samsung Display mengindikasikan adanya rencana untuk mengambangkan teknologi terbarunya yang bernama QLED atau Quantum Dot OLED. 

Untuk diketahui, QLED merupakan teknologi layar terbaru dari Samsung. Saat ini QLED digunakan pada TV 8K terbaru milik perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Di samping itu, TCL juga menggunakan teknologi QLED pada TV 8K terbarunya. Namun belum diketahui, apakah Samsung yang menjadi penyuplai layar untuk TCL atau bukan. 

Kerennya Hasil Foto Malam Meizu 16T

Samsung mengungkapkan akan menggelontorkan dana sebesar USD11 juta untuk mengembangkan teknologi layar tersebut. Perusahaan itu menyebut bahwa generasi ke 8.5 QD akan memproduksi 30.000 panel dalam sebulan. Ini akan dimulai pada 2021 mendatang. Panel-panel tersebut akan digunakan untuk membuat layar Quantum Dot super besar yang mendukung tampilan 65 inci. 

Pengumuman ini muncul karena harga LCD di pasaran anjlok dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan karena manufaktur asal China secara agresif memperbesar kapasitas produksi mereka. Sejumlah manufaktur itu didukung negaranya dalam bentuk subsidi. Penyebab lain ditengarai karena lambannya permintaan untuk TV berukuran besar di tengah perlambatan ekonomi global. Belum lagi dengan adanya perang dagang antara Amerika dan China yang masih berlanjut hingga saat ini. 

Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi Korea Selatan mengatakan bahwa Samsung akan membagi investasi besar itu dalam dua aspek. Kabarnya 10 triliun Won akan digunakan dalam fasilitas Quantum Dot, sementara sisanya, 3,1 triliun Won akan digunakan untuk mengembangkan teknologi tersebut. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here