Apple Punya Paten Lensa Periskop

0
32
Lensa periskop

Sektor fotografi di smartphone saat ini berkembang semakin baik. Setiap vendor berkompetisi untuk menghadirkan hasil kamera terbaik yang dapat ditawarkan smartphone buatan mereka. Nah, berhubungan dengan kamera itu, Apple kabarnya mengajukan sebuah paten kamera baru untuk iPhone di masa depan, yakni lensa periskop.

Paten yang diajukan Apple itu menunjukkan adanya konsep lensa seperti periskop. Konsep seperti ini sebenarnya sudah lebih dulu diterapkan oleh vendor asal China. Saat ini, ada Oppo Reno 10x Zoom dan Huawei P30 Pro yang hadir dengan konsep serupa. 

Apple menyebut konsep tersebut dengan sistem lensa lipat dengan tiga atau lima lensai bias di dalamnya. Paten ini menunjukkan lensa yang memantulkan bayangan melalui prisma. Dengan ini, sensor kamera tidak lagi harus diposisikan langsung di belakang kamera. 

Sebagaimana diketahui, konsep periskop ini menawarkan solusi untuk menghadirkan kapabilitas zoom yang lebih tinggi pada sebuah smartphone. Tanpa konfigurasi periskop, maksimal sebuah smartphone hanya dapat melakukan 3x zoom. Itu pun berdampak pada tonjolan housing kamera yang cukup besar. 

Google Bakal Berikan Sertifikat Smartphone Gaming

Dengan konsep periskop, bayangan yang ditangkap kamera akan dipantulkan melalui sebuah prisma ke beberapa lensa yang tersusun secara horizontal. Di ujung susunan lensa itu, ditempatkan sensor kamera, yang biasanya berada tepat di belakang kamera. 

Dengan kata lain, pengaturan posisi ini dapat membuat manufaktur ponsel untuk menambah jarak antara sensor dengan lensa. Di samping itu, tonjolan kamera juga dapat dikurangi untuk mendukung ditempatkannya beberapa fitur tambahan, seperti OIS dan hardware autofokus. 

Dalam paten yang diajukan, Apple memberikan dua pilihan konfigurasi lensa, yakni tiga dan lima. Pengaturan tiga lensa akan menawarkan focal length 80mm dan 200mm. Sementara itu, pengaturan ini juga menawarkan sudut pandang gambar sebesar 18 dan 28 derajat. Sementara itu, pengaturan lima lensa dapat digunakan sebagai lensa wide dengan sudut pandang 28 dan 41 derajat dengan focal length 50mm dan 85mm. 

Sebagaimana disebut, konsep ini bukan pertama kali muncul. Perusahaan lain sudah menggunakan susunan kamera yang dipasang menyamping seperti ini untuk mengaplikasikan zoom yang panjang. Apple tampaknya ingin menggabungkan konsep serupa untuk kamera standar dan telefoto. Namun jangan banyak berharap kalau Apple akan menghadirkan konsep ini pada iPhone generasi selanjutnya. Karena bagaimana pun juga, ini masih berupa paten. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here