Google Bakal Berikan Sertifikat Smartphone Gaming

0
35
Smartphone gaming

Smartphone gaming saat ini sudah semakin marak. Kenyataannya, smartphone gaming ini dapat dibagi menjadi dua kategori, yakni flagship seperti Asus ROG Phone, Black Shark, Nubia Red Magic dan Razer Phone. Sementara kategori lainnya merupakan smartphone gaming kelas menengah. 

Ke depannya, kehadiran smartphone khusus untuk bermain game diprediksi akan bertambah. Nah, dalam hal ini Google ingin memastikan bahwa smartphone untuk bermain game cukup bertenaga dan mampu berjalan sesuai dengan prediksi. Untuk itulah, raksasa teknologi itu mengembangkan sebuah program yang bernama Game Device Certification. 

XDA Developers melaporkan bahwa pihaknya mendapatkan salinan versi terbaru GMS (Google Mobile Suite). Ini merupakan SDK yang harus dimiliki oleh setiap ponsel Android resmi. Di dalam dokumen itulah terlihat adanya bagian baru dengan nama Game Device Certification.

Dalam dokumen itu, beberapa persyaratan diberikan untuk smartphone yang dibuat khusus untuk kebutuhan bermain game. Setidaknya dalam dokumen itu, smartphone gaming harus berjalan sesuai dengan prediksi. Tak hanya itu, Google juga mengharuskan ponsel gaming untuk memiliki GPU dan API paling update. Bahkan perusahaan ponsel harus mengaktifkan penghitungan frame. 

Kamera Asus Zenfone 6 Raih Skor Tinggi di DxOMark

Tak hanya itu saja. Untuk mendapat predikat sebagai smartphone gaming, sebuah ponsel juga harus mengalokasikan setidaknya 2,3GB RAM untuk kebutuhan bermain game. Dan yang pasti, smartphone jenis ini harus mendukung vulkan 1.1 dan melewati versi terbaru dEQP.

Google pun tampaknya sudah memiliki tim untuk melakukan penilaian tersebut. Pasalnya beberapa bulan lalu, raksasa teknologi ini sudah membuka lowongan pekerjaan Developer Relations Manager untuk Android Device Certification. Pekerjaan utama manager ini adalah untuk mengelola tim sertifikasi perangkat, bekerja sama dengan tim sertifikasi perangkat gaming dan para vendornya. Ia juga yang akan menentukan standar perangkat dan mendefinisikan persyaratan yang dibutuhkan. 

Sampai saat ini, belum ada perangkat yang memperoleh sertifikasi tersebut. Pasalnya Google sendiri belum mengumumkan program ini secara resmi. Namun dengan adanya sertifikasi ini, Google tampaknya akan menjamin kalau ponsel untuk bermain game memang khusus dibuat untuk tujuan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here