Kamera Asus Zenfone 6 Raih Skor Tinggi di DxOMark

0
327
Asus zenfone 6

Konsep kamera flip saat ini semakin berkembang. Setidaknya ada dua vendor yang memakai konsep ini, yakni Samsung Galaxy A80 dan Asus Zenfone 6. Idealnya, hasil kamera depan dan belakang akan sama baiknya. Pasalnya baik depan maupun belakang menggunakan modul kamera yang sama. 

Tapi ternyata tidak. Seperti yang dialami oleh Zenfone 6. DxOMark mendapuk kamera depan Asus Zenfone 6 sebagai kamera selfie terbaik. Skor pengujiannya 98, yang mana lebih tinggi dari Galaxy Note 10 Plus 5G. 

Nah lain lagi dengan hasil kamera belakangnya. Ternyata kamera belakang Zenfone 6 meraih skor lebih tinggi, yakni 104. Skor itu terdiri dari 107 poin hasil foto dan 99 poin untuk hasil video. 

Google Pixel 4, Terungkap Fitur Kamera dengan Social Share buat Para Penggila Socmed

Untuk diketahui, Asus Zenfone 6 hadir dengan dua kamera belakang. Masing-masing memiliki resolusi 48MP f/1.8 sebagai kamera utama dan 13MP f/2.4 dengan lensa bersudut lebar. Dibekali dengan dual LED Flash, kameranya mampu merekam video 4K pada 30fps. Kamera ini juga dibekali dengan stabilizer EIS. 

Secara khusus, DxOMark memuji akurasi dan kecepatan autofokus Zenfone 6. Tak hanya itu, kontrol noise dan reproduksi warnanya tetap terjaga sekalipun memotret menggunakan flash. 

Tingkat detailnya bahkan hampir setara dengan Huawei P30 Pro, yang notabene menggunakan lensa Leica. Teksturnya juga baik dan mampu melampaui Xiaomi Mi 9.

Sayangnya kamera Asus Zenfone 6 kurang piawai ketika merender bagian sudut gambar. Semakin ke pinggir, ketajam hasil fotonya semakin berkurang. Tak hanya itu, ketika memotret menghadap sumber cahaya, hasil fotonya kerap mengalami flare. 

Kamera ultrawide adalah salah satu kelebihan yang banyak ditawarkan ponsel saat ini. Zenfone 6 tidak mau ketinggalan.  Namun, fakta bahwa ia tidak memiliki kamera telefoto berarti ia gagal dalam hal bidikan zoom. Namun demikian, ulasan DxOMark mengatakan ponsel ini “sedikit lebih baik daripada banyak ponsel dengan kamera tunggal atau dual-wide-cam” dengan kemampuan 2x zoom ponsel lainnya. 

Beralih ke hasil video, skor yang ditorehkan Zenfone 6 termasuk salah satu skor tinggi di DxOMark. Selain merekam dalam 4K secara default, Zenfone 6 dikatakan dapat menghasilkan tekstur dengan baik terlepas dari kondisi pencahayaan dan bahkan melakukannya lebih baik daripada Galaxy Note10 + 5G dan Xiaomi Mi 9. Namun, tingkat detail mulai turun ketika merekam video di kondisi yang sangat minim cahaya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here