Tips Hindari Phishing di Internet

0
72
phishing

Phishing menjadi salah satu aktivitas hacker yang kerap ditemui di internet. Aktivitas ini biasanya digunakan untuk mencuri informasi sensitif pengguna, seperti nomor kartu kredit dan kata sandi perbankan. 

Phising biasanya dilakukan dalam bentuk tautan. Jadi pelaku akan mengirimkan tautan ke pengguna untuk mengarahkannya ke sebuah situs web palsu. Nantinya di dalam situs tersebut, pengguna diminta untuk memasukkan informasi penting itu. Penipuan ini bisa hadir dengan berbagai macam bentuk. 

Parahnya, tautan yang diberikan akan terkesan sebagai sebuah tautan asli. Perlu beberapa trik untuk dapat mengenali aksi ini. Berikut ini kami hadirkan tips untuk menghindari aktivitas phishing di Internet.

  • Selalu waspadai email yang mencurigakan. 

Jika terlihat begitu mencurigakan, selalu periksa,periksa, dan periksa kembali. Jika email tersebut diduga berasal dari bank Anda, segera hubungi bank untuk memverifikasi. Secara historis, bank tidak akan pernah meminta detail Anda seperti kata sandi. Mereka biasanya meminta pembaruan detail pribadi secara langsung dengan mengisi formulir di cabang mereka.

  • Pakai dua alamat email

Menjaga dua alamat email jika Anda menggunakan akun gratis. Satu untuk penggunaan resmi dan lainnya untuk situs web yang mengharuskan Anda masuk untuk membaca berita atau mengumpulkan informasi.

Samsung Galaxy Tab S6 Resmi Hadir di Indonesia

  • Jangan sembarangan pakai aplikasi 

Tidak semua ponsel cerdas aman, jadi berhati-hatilah dengan pesan yang akan mengarahkan Anda ke situs web. Terdapat sejumlah perangkat lunak berbahaya yang dapat masuk ke daftar kontak dan aplikasi keuangan Anda.

  • Cari Informasi sebanyak-banyaknya

Terakhir dan akan selalu penting, pertahanan terbaik terhadap phising adalah selalu mencari informasi dan membedakan email serta pesan lainnya yang diterima pengguna. Tidak ada salahnya terus berhati-hati terutama sebagian besar transaksi keuangan sekarang dilakukan secara online dalam mengejar digitalisasi.

Nah, itu tadi sebagian tips yang bisa kamu manfaatkan untuk menghindari aktivitas phishing. Selalu lakukan pemeriksaan lanjutan dengan menggali banyak informasi mengenai situs yang kamu kunjungi. 

Jangan mudah percaya di internet dan selalu waspada akan membuat kamu terhindar dari pihak yang tidak bertanggung-jawab. Salah langkah, data kamu dapat diakses peretas. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here