Samsung Bakal Tutup Pabrik di China

0
257
Samsung

Sebuah laporan dari Korea Selatan menunjukkan bahwa Samsung menutup pabrik produksi smartphone di China. Penutupan itu sendiri akan terjadi pada akhir bulan ini. Pabrik itu merupakan pabrik pertama Samsung di China sejak tahun 1992. 

Untuk diketahui, saat ini hanya pabrik itu saja yang masih berfungsi di China. Sekitar bulan Juni, Samsung mulai mengurangi angka produksi di pabrik tersebut. Beberapa tenaga kerja di sana pun kabarnya sudah diberhentikan.

Kabar tutupnya pabrik Samsung di China diduga kuat karena pertumbuhan smartphone lokal yang semakin cepat. Saat masa jayanya, Samsung mengontrol lebih dari 20 persen pangsa pasar di Negeri Tirai Bambu itu. Namun seiring bangkitnya vendor lokal seperti Oppo, Vivo dan Xiaomi akhirnya mulai menggerus Samsung. Pasalnya vendor-vendor tersebut dapat memberikan smartphone premium dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Karena itu, pangsa pasar Samsung di China langsung anjlok menjadi 1 persen di akhir 2018. 

Sony Bakal Punya Layar 3D Hologram. Bisa Untuk Main PS!

Selama beberapa waktu belakangan ini, Samsung berusaha meraih kembali pangsa pasarnya yang hilang di China dan negarar lain seperti India. Di India, vendor asal China juga berhasil menjangkau pangsa pasar yang cukup besar. Untuk itu, perusahaan asal Korea Selatan ini mulai berganti strategi. 

Samsung akhirnya mulai menggeser seri A masuk ke segmen kelas menengah. Perusahaan ini juga membuat versi terjangkau dari produk-produk premiumnya. Samsung juga mulai memanfaatkan pihak ketiga untuk merakit smartphonenya untuk pasar lokal. Contohnya dapat dilihat pada Galaxy A6s dan Galaxy A9s. Hal ini dilakukan untuk memangkas ongkos produksi dan menurunkan harga pasaran smartphone Samsung. 

Perusahaan ini sendiri kabarnya masih melanjutkan produksi di Vietnam dan Thailand. Semoga saja, Samsung dapat kembali ke China dan merengkuh kembali pasarnya yang hilang di negara tersebut.