Sony Bakal Punya Layar 3D Hologram. Bisa Untuk Main PS!

0
152
Layar 3d

Sony dilaporkan sedang mengembangkan sebuah layar yang mendukung tampilan 3D holografik. Kabar ini mencuat setelah paten layar 3D yang diajukan perusahaan Jepang di tahun 2017 itu akhirnya disetujui oleh USPTO (United States Patent and Trademark Office).

Berbeda dengan efek 3D biasanya, layar buatan Sony inj tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun. Biasanya, untuk menikmati konten 3D, seseorang harus memakai kacamata khusus. Nah, kacamata ini dinilai membatasi ruang gerak pemakainya dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi sebagian orang. 

Untuk memproyeksikan gambar 3D tersebut, layar Sony yang termuat dalam paten itu akan menggunakan sebuah pemancar cahaya dan beberapa cermin mikro. Cermin ini nantinya dapat miring atau berganti arah secara terus menerus. Nah, karena itu, layar Sony ini dapat menampilkan gambar berbeda untuk mata kanan dan mata kiri pengguna. 

Hati-hati! Kartu SIM Bisa Diretas Pakai Cara Baru

Bukan hanya itu saja, layar bikinan Sony ini bakal lebih canggih dari kelihatannya. Di dalamnya tersemat hardware yang dapat melacak gerakan mata dan wajah penggunanya. Saking canggihnya, layar ini juga bisa mengetahui jumlah orang yang menonton tampilan 3D tersebut. Beberapa komponen seperti kamera dan sensor cahaya akan menghitung jarak antara penonton dan layar. 

Kabarnya layar ini akan hadir tanpa bezel. Sedangkan sejumlah sensor yang disebutkan tadi dapat ditempatkan di beberapa bagian berbeda. 

Menariknya, layar ini juga dapat digunakan layaknya layar konvensional. Dengan kata lain, layarnya dapat menayangkan tampilan 2D. Rumornya, masing-masing penonton dapat melihat tampilan berbeda, antara 2D dan 3D. Tapi hal ini belum dapat dipastikan keabsahannya. 

Untuk para gamer, layar ini disebut kompatibel dengan PlayStation. Bisa jadi, permainan di PlayStation akan semakin berkembang karena dukungan ini. Tak hanya itu, perusahaan ini juga mengisyaratkan dukungan untuk konsol Xbox dan Nintendo Switch. 

Sejauh ini belum diketahui kapan Sony akan merilis layar 3D ini. Bahkan belum jelas juga apakah perusahaan ini akan merilis produk tersebut untuk publik. Harganya diperkirakan akan sangat tinggi. Pasalnya setiap modul layar dapat digabung untuk menambah ukurannya menjadi lebih besar.