Huawei Tidak Akan Buka Akses Bootloader di Mate 30 Series

0
102
mate 30 series

Huawei Mate 30 Series sudah dipastikan hadir tanpa membawa dukungan layanan Google di dalamnya. Hal ini diprediksi akan menjadi kendala utama kala Huawei ingin menjajakan produk ini di kawasan luar China. Pasalnya dengan tidak adanya Google, smartphone Huawei ini dipastikan tidak bisa menggunakan layanan seperti Gmail, Play Store dan bahkan aplikasi semacam YouTube. 

Nah, kabar baik sempat dilontarkan langsung oleh CEO Huawei, Richard Yu. Pria ini menyatakan bahwa Huawei mulai mempertimbangkan untuk membuka akses bootloader ke seri ini. Akses ini mutlak diperlukan agar pengguna bisa menggunakan layanan Google di smartphone terbaru Huawei itu. Dengan membuka akses bootloader, custom ROM dapat diinstall sehingga memungkinkan dimasukkannya layanan Google ke dalamnya. 

Nah, berkaitan dengan pernyataan melegakan Richard Yu itu, muncul kabar baru dari Huawei. Perusahaan asal China ini menyatakan tidak akan membuka akses bootloader ke seri Mate 30. Pernyataan ini dibuat oleh seorang juru bicara Huawei yang tidak disebutkan namanya kepada Android Authority. Dalam pernyataan itu, Huawei menyebut tidak berencana untuk membuka akses bootloader. Hal ini bertentangan dengan apa yang sudah disampaikan CEO Huawei beberapa hari lalu. 

Baca juga

Ini Maksud Desain Melingkar Kamera Huawei Mate 30 Pro
Pemain PUBG dan Fortnite, Jangan Update ke iOS 13.0
Samsung Galaxy A70s Bakal Bawa Kamera 64MP

Kendati begitu, kemungkinan perusahaan asal China ini memiliki cara sendiri untuk menangani masalah tersebut. Namun sampai saat ini belum diketahui opsi apa yang ditawarkan Huawei. 

Sebagaimana diketahui, perusahaan asal China ini membenamkan Huawei Mobile Services di smartphone flagship terbarunya itu. Nantinya, pengguna yang membeli seri Mate 30 dari Huawei ini dapat mengunduh aplikasi melalui Huawei App Gallery. Di sana, Yu mengklaim ada lebih dari 45.000 aplikasi yang sudah tersedia. 

Berkenaan dengan penggunaan HMS, Huawei mengaku sudah menggelontorkan dana lebih dari USD1 miliar untuk mengembangkan ekosistemnya. Malahan Yu mengajak berbagai pengembang aplikasi untuk memperkaya App Gallery Huawei dengan dukungan aplikasi buatan mereka. 

Sebagaimana diketahui, Huawei mate 30 Series hadir dalam dua varian, versi standar dan versi Pro. Tak hanya itu, Huawei juga kembali menghadirkan edisi terbatas Porsche Design untuk model mate 30 Pro. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here