Perbedaan Mate 30 dan Mate 30 Pro

0
42
mate 30 series

Huawei baru saja mengumumkan kehadiran Mate 30 dan Mate 30 Pro. Keduanya mengisi lini flagship terbaru Huawei. Meski dirilis bersamaan, ada beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui. Perbedaan-perbedaan itu mencakup sisi layar, hingga kapasitas baterai yang ditawarkan. 

Supaya lebih jelas, Teqnoforia hadirkan beberapa perbedaan antara Mate 30 Pro dan Mate 30. 

Layar

Huawei Mate 30 Pro memiliki layar 6,53 inci sementara Mate 30 hadir dengan layar sedikit lebih besar, yakni 6,62 inci. Bukan ukuran saja yang berbeda, konsepnya pun berbeda. Di versi Pro, Huawei memberikan layar melengkung yang disebut dengan Horizon Display. Sudut lengkungannya diklaim mencapai 88 persen. Sementara versi standarnya hanya dibekali dengan layar datar biasa. 

Resolusi Layar

Dari namanya sudah terlihat kalau versi Pro ini hadir dengan resolusi layar yang lebih tinggi. Yup! Mate 30 Pro punya kepadatan layar 409ppi sementara Mate 30 hanya dibekali dengan kepadatan layar 389ppi. Kepadatan ini sama seperti yang dimiliki oleh P30 Pro. Jika dilihat dengan mata telanjang, memang tidak akan terlihat perbedaannya. Tetapi di atas kertas, layar versi Pro lebih padat dari saudaranya. 

Kamera

Dari jumlah, sudah jelas perbedaan di antara keduanya. Versi pro hadir dengan empat kamera, sedangkan versi standarnya hanya dibekali dengan tiga kamera belakang. Untuk diketahui, pada Mate 30 Pro,  hadir juga kamera 3D Depth Sensing untuk membuat efek bokeh ketika mengambil video. Tidak hanya itu, versi Pro jauh lebih unggul karena mampu merekam video slow motion dengan 7680fps. 

Baca juga

Huawei Mate 30 Pro Rilis. Ini Spesifikasinya
Super SlowMo Huawei Mate 30 Bisa Capai 7680fps
Apple Patenkan Istilah Slofie

Ukuran

Yang jelas, versi Pro ini memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang versi standarnya. Meski begitu, perbedaan ukuran ini hanya berkisar pada beberapa mm saja. Jadi secara garis besar, tanpa pengukuran yang presisi, sebenarnya perbedaan di aspek ini tidaklah terlalu terlihat. 

Koneksi 5G

Untuk diketahui, hanya versi Pro saja yang mendukung koneksi 5G. Versi ini sebenarnya juga hadir dengan model yang hanya mendukung koneksi 4G. Sementara Mate 30 hanya mendukung koneksi 4G saja. 

Kapasitas Baterai

Kapasitas baterai menjadi salah satu hal penting dalam menggunakan smartphone. Semakin besar, semakin lama juga smartphone itu akan bertahan ketikan dipakai. Nah, versi Pro hadir dengan kapasitas baterai 4500mAh. Sementara versi standar hadir dengan kapasitas baterai sedikit lebih rendah, yakni 4200mAh. 

RAM dan Memori Internal

Sebenarnya, kapasitas RAM yang ditawarkan kedua smartphone ini sama, yakni 8GB. Yang berbeda adalah memori internalnya. Versi Pro memiliki memori internal yang lebih besar, yakni 256GB. Sedangkan Mate 30 hanya hadir dengan memori internal 128GB. 

Nah, itu tadi beberapa perbedaan Mate 30 dan Mate 30 Pro yang baru saja dirilis Huawei. Kalau boleh pilih, kalian akan pilih yang mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here