Facebook Hampir Pasti Hadirkan Kacamata AR

0
49
Facebook Alami Gangguan Sistem Selama Beberapa Menit

Facebook sudah lama bekerja keras untuk mengembangkan perangkat Augmented Reality. Proyek pengembangan itu dilakukan di Facebook Reality Labs, di Redmond. Namun sampai saat ini, kacamata AR yang dijanjikan belum ada tanda-tanda positif dari hasil kerja perusahaan tersebut.

Untuk itulah, perusahaan ini menganggap pentingnya melakukan kerjasama dengan pihak lain. Nah perusahaan Mark Zuckerberg ini dilaporkan menjalin kolaborasi dengan Luxottica, induk perusahaan Ray Ban. Hal ini dilakukan agar proyek pengembangan kacamata AR Facebook segera terwujud. 

Sebagaimana diketahui, Luxottica merupakan perusahaan kacamata yang memiliki beberapa merk terkenal, seperti Oakley dan Ray Ban. Bahkan perusahaan asal Italia ini mengumumkan merger dengan Essilor, perusahaan optik yang mengembangkan teknologi lensa untuk kacamata. 

Baca juga

Apple Patenkan Istilah Slofie
Apple Gunakan Bahan Daur Ulang untuk Taptic Engine
Wuih, Pesan Starbucks Bisa Pakai Perintah Suara

CNBC melaporkan bahwa dengan berbekal bantuan dari Luxottica, Facebook bakal dapat menyelesaikan kacamata AR ini pada 2023 hingga 2025 mendatang. Adapun kacamata AR ini hadir dengan kode nama Orion.

Nama Orion sebenarnya merujuk pada sebuah kacamata pintar yang sebelumnya tengah dikembangkan Facebook. Kacamata itu tidak dirancang sebagai sebuah pelengkap smartphone. Facebook menyebut bahwa perangkat ini sengaja didesain untuk menggantikan smartphone. Melalui kacamata AR tersebut, penggunaan dilaporkan dapat melakukan panggilan telepon. Pengguna juga bisa melihat sejumlah informasi melalui sebuah layar kecil di kacamata itu. Bahkan alat ini bisa membagikan lokasi pengguna. 

Untuk melengkapi fungsi sebagai sebuah kacamata pintar, Facebook juga membekali Orion dengan asisten suara. Asisten suara ini akan mengandalkan kecerdasan buatan. Ia dapat berinteraksi dengan penggunanya dan memberikan saran tentang bagaimana cara menggunakan kacamata tersebut.

Kabarnya, sampai saat ini, tim Facebook masih mencari cara agar kacamata ini dapat hadir dengan ukuran yang lebih kecil. Artinya, dengan hadir lebih kecil, kacamata ini dapat digunakan oleh siapa saja.

Bukan kali ini saja Luxottica bekerja dengan perusahaan teknogi besar di dunia. Ia diketahui juga ikut andil dalam pembuatan kacamata pintar Google Glass beberapa tahun silam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here