4 Langkah Keamanan Mobile Banking di Smartphone

0
205

Mobile banking menjadi salah satu kemudahan yang bisa didapatkan saat ini. Dengan satu aplikasi, kita bisa dengan mudah melihat saldo, mengirim uang, bahkan menerima notifikasi soal aktivitas perbankan kita. Namun perlu adanya tindakan keamanan mobile banking yang harus dilakukan. 

Sebagaimana diketahui, aplikasi semacam itu terhubung dengan internet dan terpasang di smartphone kamu. Tidak ada yang tahu bilamana kamu tidak sengaja mengunduh file yang berisi virus. Nah hal ini bisa mengintip  semua hal yang ada di smartphone, termasuk info penting di aplikasi mobile banking. 

Karena itulah langkah keamanan mobile banking perlu dilakukan. Berikut ini Teqnoforia hadirkan sedikit tips untuk mengamankan mobile banking di smartphone kamu. 

Aktifkan Pengaturan Notifikasi

Beberapa layanan mobile banking memiliki fitur untuk mengirim notifikasi langsung ke smartphone atau email penggunanya. Nah, hal inilah yang harus kamu lakukan. Aktifkan push notification dari aplikasi mobile banking kamu. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengetahui dengan cepat, transaksi apa yang terjadi dengan akun kamu. Kalau ternyata kamu tidak merasa melakukan transaksi namun muncul notifikasi, segera hubungi bank bersangkutan unyuk menindaklanjutinya. 

Gunakan Email Berbeda

Jangan biasakan memakai satu email untuk berbagai layanan. Selain membuat inbox email kame berantakan, hal ini bisa berujung petaka. Sekalinya orang jahat berhasil mendapat email dan password kaku, semua layanan yang kamu daftarkan dengan email itu pun dapat diakses oleh orang tersebut. 

Jadi jangan malas membuat email baru untuk mendaftar ke layanan lain. Paling tidak, kamu harus memiliki tiga email dengan akun berbeda untuk mendaftar ke sejumlah layanan berbeda. Pastikan juga kalau password setiap email ini berbeda.

Seandainya kamu kesulitan untuk mengingat semua kata kunci itu, ada baiknya kamu juga menggunakan aplikasi password manager

Baca juga

Cara Kendalikan Laptop dengan Smartphone dari Jarak Jauh
Aplikasi Android Ini Memiliki Malware! Hapus Segera!
Cara Kurangi Ping Saat Main PUBG Mobile

Ganti PIN dan Password Secara Berkala

Langkah lain yang harus kamu lakukan adalah mengganti pin dan password kamu secara berkala. Hal ini akan menyulitkan orang jahat untuk berusaha mengintip password kamu. Pasalnya password dan pin itu akan terus berubah.

Tenang saja, ganti pin dan password tidak sesulit kelihatannya. Kamu sebenarnya juga bisa mendapatkan kombinasi password paling sulit dengan menggunakan password manager. Nantinya password manager itu yang akan menulis kata kunci setiap kali kamu memasuki layanan mobile banking. 

Batasi Penggunaan Wi-Fi Publik dan VPN

Satu langkah terakhir adalah dengan membatasi penggunaan Wi-Fi publik dan aplikasi VPN. Keduanya bisa membuat peretas masuk ke sistem smartphone kamu. Kalau tidak terpaksa gunakan data sendiri untuk melakukan aktivitas internet. Dan jangan sekali-kali menggunakan layanan VPN yang tidak terpercaya.

Nah itu tadi empat cara ampuh mengamankan mobile banking kamu. Intinya tetap berhati-hati dan jangan malas mengganti password dan pin secara berkala. Pastikan juga kalau di smartphone yang terpasang aplikasi mobile banking bersih dari aplikasi aneh yang mencurigiakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here