Google Bakal Tampilkan Highlight Video di Hasil Pencarian

0
81
google chrome

Pencarian di Google bakal semakin mudah digunakan. Pasalnya raksasa teknologi ini baru saja memberi update untuk hasil pencarian dalam bentuk video. 

Seperti diketahui, Google Search masih menjadi pilihan orang-orang untuk mencari sesuatu di internet. Raksasa teknologi ini menggunakan algoritma yang akan menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan kata kunci yang dimasukkan. Nah dengan update ini, pencarian di Google akan menjadi lebih singkat dan efisien.

Update tersebut diberikan dalam bentuk highlight video yang berkaitan langsung dengan hasil pencarian pengguna. Artinya, pengguna tidak harus lagi menonton seluruh video untuk menemukan apa yang mereka cari. Highlight ini akan dibuat berdasarkan timestamp yang diberikan oleh si pembuat video tersebut.

Baca juga

Oppo A5 2020 Hadir dengan Harga Lebih Murah
Oppo A9 2020 Hadir Di Indonesia dengan Harga Terjangkau
Netflix Tambah Daftar Smartphone yang Mendukung Tayangan HD

Misalnya, kamu sedang mencari sebuah tutorial untuk mengurangi PING ketika bermain PUBG Mobile. Nantinya Google akan memberikan bagian video tertentu yang akan langsung menjelaskan hal ini. Jadi kamu tidak perlu lagi menonton bagian pembuka dari video yang bersangkutan. 

Google kabarnya akan mengambil video tersebut dari YouTube. Pihaknya sendiri mendorong para konten kreator di YouTube untuk memberikan timestamp di deskripsi video buatan mereka. 

Tapi satu hal yang harus diperhatikan. Fitur pencarian ini hanya dapat berjalan ketika pengguna melakukan pencarian dalam bahasa Inggris. Belum diketahui apakah bahasa lainnya, termasuk Bahasa Indonesia akan segera mendukung fitur serupa. 

Tak hanya itu, raksasa teknologi ini juga bekerja sama dengan beberapa provider untuk menambahkan data terstruktur pada konten video. Hal ini akan membantu pengguna untuk melompati video langsung ke bagian tertentu. Kabarnya, Google sudah menjalin kerjasama dengan CBS Sports dan NDTV. Keduanya dilaporkan akan segera memberikan fitur pencarian yang lebih maju dari pada yang ada saat ini.

Intinya, tinggal masalah waktu saja sampai kita dapat melompati video di YouTube tanpa harus mengandalkan timestamp yang diberikan oleh para pembuat video di platform tersebut. Hal ini tampaknya akan membuat pemakaian data lebih hemat ketimbang melakukan pencarian video dengan cara biasanya seperti sebelumnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here