Super SlowMo Huawei Mate 30 Bisa Capai 7680fps

0
169
huawei

Belum juga rilis, Huawei Mate 30 Pro sudah memberikan kejutan tidak terduga. Dalam sebuah bocoran berbentuk foto, terungkap kalau smartphone ini akan hadir dengan beberapa fitur baru, salah satunya adalah kemampuan untuk merekam video super slow-motion. 

Tidak tanggung-tanggung, super slowmo yang ditawarkan Huawei ini bakal memiliki frame rate 7680fps. Kalau mau dihitung, berarti video slowmo ini akan delapan kali lebih lambat dari super slowmo yang ada saat ini. 

Untuk diketahui, sejauh ini sebuah smartphone hanya mampu merekam video slowmo dengan 960fps saja. Itu pun hanya dapat dilakukan oleh smartphone flagship tertentu, misalnya Samsung Galaxy Note 10+. Dengan frame rate 960fps, pengguna sudah mendapatkan slow motion terbaik dalam kondisi yang ideal. Tetapi Huawei bisa beberapa langkah lebih maju. 

Besar kemungkinan kalau Huawei akan menggunakan teknik interpolasi. Ini merupakan trik yang kerap dilakukan manufaktur asal China untuk meningkatkan kualitas kameranya. Teknik interpolasi ini dilakukan dengan cara memasukkan frame duplikat untuk mendapatkan frame rate yang lebih rendah. Hasilnya tentu tidak akan sebaik slowmo tanpa interpolasi. 

Pasalnya, untuk dapat merekam video 960fps, sensor kamera smartphone harus dipasangkan juga dengan memori (DRAM). Nah, belum dapat dipastikan bagaimana Huawei akan mencapai frame rate setinggi itu. Ada kemungkinan kalau Huawei memang menggunakan memori di sensor kamera untuk mencapai 960fps, kemudian diinterpolasi ke 7680fps. 

Baca juga

Mouse Gaming Logitech Baru Siap Meluncur
Smart TV Motorola Langsung Meluncur Dalam Enam Ukuran
Netflix Tambah Daftar Smartphone yang Mendukung Tayangan HD

Tidak menutup kemungkinan juga kalau sebenarnya Huawei hanya mampu menghasilkan 120fps atau 240fps, kemudian melakukan interpolasi pada hasil video tersebut. Ada banyak skenario dan spekulasi yang mungkin dilakukan Huawei untuk mencapai frame rate itu. 

Bocoran itu terungkap setelah foto sebuah stand mini yang nantinya akan menjadi tempat Huawei Mate 30 Pro saat rilis dua hari lagi. Smartphone ini hadir dengan kamera 40MP + 40MP, 8MP lensa telefoto dan sebuah kamera untuk mengambil kedalaman gambar. Ada pula fitur bernama “ultra high definition night” yang menunjukkan bahwa ada dukungan night mode di flagship tersebut. 

Dalam bocoran itu juga terungkap kalau smartphone terbaru Huawei itu nantinya akan hadir dengan baterai 4500 mAh dengan dukungan fast charging 40W. Ada juga pilihan untuk melakukan pengisian daya secara nirkabel dengan output maksimal 27W. 

Smartphone ini juga dipastikan akan hadir dengan chipset Snapdragon 990. Huawei rencananya akan meluncurkan smartphone ini di Eropa dan China pada 19 September 2019. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here