Celah Keamanan iOS 13 Bisa Lewati Kunci Layar

0
142
ios 13.0

Apple rencananya akan merilis iOS 13 pekan ini. Meski begitu, seorang peneliti keamanan melaporkan bahwa terdapat cacat dalam sistem operasi ini. Celah keamanan iOS 13 itu memungkinkan orang lain untuk melewati kunci keamanan iPhone dan memperoleh akses ke seluruh informasi kontak dalam ponsel tersebut. 

Jose Rodriguez adalah orang yang berhasil membongkar hal tersebut. Ia sendiri menyatakan sudah melaporkan hal ini sejak Juli lalu. Namun ketika ia mencobanya lagi, Apple ternyata belum memperbaiki cacat tersebut. Ironisnya, cacat tersebut terdapat pada iOS 13 versi GM (Gold Master) yang akan diluncurkan Apple pada 19 September mendatang. 

Rodriguez juga menyebut bahwa cacat yang sama sudah pernah ia temukan pada iOS12.1. Dengan menggunakan metode serupa, ia kembali berhasil menembus kunci layar pada sistem operasi terbaru ini. Teknik itu dilakukan dengan cara mengaktifkan panggilan FaceTime. Kemudian ia mengaktifkan fitur voiceover Siri untuk membuka akses ke daftar kontak, sebagaimana dilansir dari TheVerge.

Baca Juga:

Apple Matikan Dukungan Reverse Charging iPhone 11. Kenapa?
Penjualan iPhone 11 di Asia Diprediksi akan Lesu
Microsoft Ajukan Paten Seperti Smartphone Lipat

Mengandalkan metode itu, Rodriguez berhasil memperoleh informasi berupa alamat email, nomor telepon dan alamat serta segala sesuatu yang ada di daftar kontak pengguna. 

Cara ini, untungnya tidak akan dapat digunakan untuk mengakses foto yang terdapat dalam iPhone. Pada prinsipnya, metode Rodriguez ini membutuhkan akses langsung ke perangkat iPhone target, dan beberapa waktu untuk melakukan panggilan FaceTime serta mengaktifkan fitur voiceover. 

Parahnya lagi, celah keamanan iOS 13 yang sama juga ditemukan pada salinan versi 13.1. Apple sendiri kabarnya akan memberikan update ke sistem operasi versi 13.1 ini pada akhir September. 

Untuk diketahui, bukan kali ini saja cacat keamanan ditemukan pada iOS.Di tahun 2013, sebuah bug di iOS 6.1 memungkinkan orang lain untuk mengakses rekaman telepon, kontak dan bahkan foto pengguna iPhone. Sementara di iOS7.1 juga memiliki celah keamanan serupa. Orang lain bahkan bisa mengakses foto, email dan Twitter pengguna iPhone. 

Tidak berhenti sampai di situ, kunci layar iOS 8.1 juga pernah dikabarkan dapat dilewati oleh orang lain, seperti halnya pada iOS 12.1. 

Ini bakal menjadi pekerjaan rumah bagi Apple untuk membuat penggunanya merasa aman. Kendati begitu, asalkan pengguna bisa memastikan kalau iPhone-nya tidak diakses orang lain, sejauh ini mereka masih bisa merasa tenang. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here