Apple Matikan Dukungan Reverse Charging iPhone 11. Kenapa?

0
484
reverse charging

Apple sudah meluncurkan jajaran iPhone 11 dalam sebuah acara beberapa hari lalu. Meski begitu, sejumlah kabar masih bergulir di seputar perangkat dari Apple itu. Kabar terbaru menyebut bahwa lini iPhone 11 series ternyata mendukung teknologi reverse charging. 

Seperti sudah diketahui, dalam peluncuran flagship terbarunya, Apple menyebut bahwa ketiga iPhone terbaru ini sudah mendukung teknologi Qi Wireless Charging. Seperti namanya, teknologi akan berguna dalam pengisian daya baterai tanpa menggunakan kabel. Panel belakang iPhone disematkan hardware yang mendukung pengisian nirkabel ini. 

Waktu itu, Apple tidak menyebut sama sekali soal adanya teknologi wireless charging pada jajaran iPhone 11 terbaru. Namun seorang bernama Sonny Dickson menyebut bahwa jajaran iPhone 11 ternyata memiliki dukungan untuk melakukan reverse charging. 

Dalam cuitannya, Dickson menyebut bahwa berdasarkan sumber yang terpercaya, iPhone 11 dan iPhone 11 Pro ternyata memiliki dukungan hardware untuk proses charging dua arah, namun software-nya dimatikan begitu saja. Ia sendiri tidak bisa memastikan kapan tepatnya Apple mencabut dukungan tersebut. 

Telegram sindir WhatsApp di Twitter

Dickson juga ragu, apakah Apple akan sempat mencabut hardware untuk reverse charging itu ketika waktu peluncuran iPhone terbaru itu semakin dekat. Dickson menyebut bahwa alasan iPhone membatalkan dukungan ini belum diketahui sepenuhnya. 

Namun seorang analis bernama Ming-Chi Kuo pernah menyebut bahwa kemungkinan dukungan untuk teknologi ini dibatalkan oleh Apple. Berdasarkan catatan Kuo, Apple tampaknya memutuskan untuk mencabut dukungan tersebut karena tidak memenuhi kriteria yang diharapkan Apple.

Padahal ini merupakan salah satu fitur yang jamak ditemukan pada pesaing-pesaing iPhone. Produk-produk flagship Android, hampir semuanya hadir dengan dukungan ini. Malahan teknologi reverse charging menjadi salah satu kemewahan yang ditawarkan dalam produk-produk flagship Android. 

Samsung misalnya, mendukung pengisian daya nirkabel dan tentunya Wireless PowerShare. Teknologi ini dapat digunakan untuk mengisi baterai perangkat Samsung lainnya, seperti Galaxy Watch, Galaxy Buds atau smartphone Samsung lainnya. 

Nah, teknologi reverse charging iPhone pun diharapkan akan sama seperti itu. Namun apa daya, perusahaan memutuskan untuk tidak menyebut teknologi ini ketika meluncurkan iPhone terbarunya.