TV Crystal LED 16K Sony Punya Harga Selangit

0
439
Crystal LED

Sony belum lama ini memperkenalkan layar berteknologi Crystal LED yang dapat digunakan untuk bioskop. Nah, tak lama sesudahnya, perusahaan ini mengumumkan kalau teknologi LED ini bisa juga dimiliki konsumen secara umum. Sony bakal menjual layar dengan ukuran 19 meter yang kabarnya mampu mendukung resolusi 16K. 

Untuk diketahui, teknologi Crystal LED ini menggunakan banyak modul micro-LED. Pada setiap 16×18 inci dengan resolusi 360×360 akan terdapat tiga LED kecil pada setiap pikselnya. Cara kerjanya mirip dengan OLED, namun lebih terang. Tingkat kecerahannya bahkan bisa mencapai 1000 nit, 10 bit grayscale dan reproduksi warna yang sangat akurat serta efek 3D yang spektakuler. 

Tak hanya itu, melalui teknologi ini, Sony juga menawarkan frame rate hingga 120p dan layarnya dapat dilihat dengan jelas dengan sudut hampir 180 derajat. Sony juga menjanjikan layar super hitam untuk menampilkan kontras dan resolusi yang tinggi. 

iOS 13 Akan Hadir Pada 19 September

Menurut Sony, dengan menggabungkan beberapa modul, pengguna bisa membuat layar dengan ukuran dan resolusi yang berbeda. Sony bahkan menawarkan ukuran yang sesuai dengan keinginan para pembelinya. 

Ada beberapa patokan ukuran yang diberikan, misalnya resolusi 1080p dengan 18 modul. Total ukurannya mencapai 2,4×1,2 meter. Sementara untuk resolusi 4K, layar ini hadir dengan ukuran 4,8 meter menggunakan 72 modul. Demikian seterusnya hingga resolusi maksimal 16K berukuran 19,2×5,4 meter dengan menggunakan 576 modul.

Kedengarannya memang simpel. Nantinya modul ini dapat dibongkar pasang layaknya sebuah lego. Tapi harus diketahui, harga yang ditawarkan Sony cukup mahal untuk satu modul layarnya. Per modul, Sony mematok harga USD10.000 atau sekitar Rp139 juta. Untuk mendapatkan Crystal LED dengan resolusi 16K, butuh dana kurang lebih USD5,8 juta. Kalau dikonversi ke Rupiah, maka jumlahnya menjadi Rp80 miliar. 

Kalau minat, mungkin kamu bisa mengunjungi pameran yang digelar di Colorado. Atau siapa tahu, Sony bakal memboyong layar ini ke Indonesia.