iOS 13 Akan Hadir Pada 19 September

0
133
ios 13.0

Apple mengumumkan bahwa iOS 13 akan tersedia pada 19 September mendatang. Apple mengklaim kalau sistem operasi terbaru ini akan menawarkan banyak fitur, walaupun pengguna tidak memiliki iPhone terbaru yang baru saja diluncurkan Apple. Pengumuman itu dibuat Apple dalam sebuah rilis resmi di halaman webnya. 

Tak hanya itu, lanjutan versi ini, yakni iOS 13.1 kabarnya juga akan tersedia pada 30 September. Apple merasa harus menghapus beberapa fitur iOS 13.0 pada menit terakhir. Pasalnya fitur-fitur ini dinilai tidak cukup stabil. Adapun fitur yang dihapus nantinya adalah otomatisasi Shortcuts dan kemampuan untuk membagikan ETA di Apple Maps. 

Di samping sistem operasi baru untuk perangkat iPhone, Apple juga menghadirkan watchOS 6. Rilisnya akan dilakukan bersamaan dengan rilis iOS terbaru. Sayangnya, pengguna iPad harus menunggu lebih lama. Apple mengumumkan baru akan merilis iPadOS 13 pada 30 September. Hal sayang sama juga terjadi pada tvOS 13. Sistem operasi ini  juga akan dirilis pada 30 September.

Apa saja yang ditawarkan iOS 13? 

Setidaknya, sistem operasi ini akan hadir dengan dukungan mode gelap. Tak hanya itu, kualitas setiap aplikasi kabarnya ditingkatkan. Aplikasi Photos akan menawarkan model galeri baru yang akan memainkan video atau live foto secara otomatis. Ada pula dukungan smart curation dan desain yang semakin imersif. 

Samsung PlayGalaxy Link Sudah Mulai Bisa Dicoba

Apple tampaknya fokus pada masalah privasi untuk iOS terbaru ini. Di sini nantinya akan terdapat opsi Sign In baru yang disebut dengan Sign in with Apple. Kemudian akan muncul berbagai notifikasi untuk meminta persetujuan pengguna, seperti akses Bluetooth dan Wi-Fi. Semnetara di aplikasi Apple Maps, akan terdapat fitur yang mirip dengan Google Street View. Apple menamainya dengan Look Around. Sayangnya dukungan ini hanya tersedia di beberapa kota saja. 

Seperti biasa, iOS 13 akan tersedia secara gratis. Sistem operasi ini akan tersedia bagi perangkat iPhone 6s atau iPhone dengan seri yang lebih tinggi dari itu. Tak hanya itu, iPhone SE dan iPod touch generasi ke-7 juga akan mendukung iOS 13.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here