Cara Kendalikan Laptop dengan Smartphone dari Jarak Jauh

0
123
chrome remote dekstop

Penyimpanan cloud membuka berbagai cara baru bagi kita untuk memanfaatkan teknologi. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah pengguna mampu mengakses file mereka kapan pun dan di mana pun, asalkan memiliki koneksi internet. 

Bukan hanya itu saja, dengan memanfaatkan cloud, kamu juga dapat mengendalikan laptop atau komputer kamu dari jarak jauh. Entah itu menggunakan smartphone atau tablet, hal ini dapat dilakukan dengan mudah. Syaratnya, komputer dan smartphone kamu harus terhubung dengan internet. 

Berikut ini Teqnoforia hadirkan cara mengendalikan laptop dengan smartphone dari jarak jauh. 

Pakai Ekstensi Chrome 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menuju ke ekstensi di peramban Chrome. Langkah ini harus dilakukan di komputer atau laptop ya!

Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar, kemudian pilih More Tools >> Extension. Di sini kamu akan dibawa ke daftar ekstensi apa yang sedang kamu gunakan di Chrome. Selanjutnya, buka menu dengan mengklik ikon menu yang ada di pojok kiri atas,kemudian pilih Open Chrome Web Store. 

Download Chrome Remote Desktop

Di Chrome Web Store, ketik “Chrome Remote Desktop” pada kolom pencarian. Kemudian klik add to chrome untuk memasang ekstensi ini di Chrome kamu. Kemudian pilih add extension untuk menambahkannya ke peramban chrome. 

iPhone 11 Rilis. Ini Dia Spesifikasi Lengkapnya!

Download Chrome Remote Desktop di smartphone

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan, kamu harus mengunduh aplikasi yang sama di smartphone. Kebetulan smartphone yang digunakan kali ini adalah smartphone Android. Kamu bisa mengunduhnya melalui tautan ini. Sementara untuk pengguna iPhone, kamu bisa mengunduhnya dari App Store.

Saat selesai, buka aplikasi tersebut, kemudian masuk menggunakan akun Google. Ikuti instruksi di layar untuk menyelesaikan pengaturan di smartphone. 

Hubungkan smartphone ke komputer

Ketika proses pengaturan di smartphone selesai, kamu akan mendapati komputer kamu terdaftar di sana. Kemudian ketuk daftar itu untuk menghubungkannya. Ada beberapa instruksi yang harus dilakukan. Ikuti prosesnya sampai selesai. 

Selanjutnya layar smartphone kamu akan menunjukkan tampilan pada komputer kamu. Usapan satu jari sama dengan menggerakkan mouse. Ketuk sekali berfungsi layaknya klik kiri, sementara ketuk dua kali akan sama seperti klik kanan pada mouse. 

Kamu juga bisa melakukan zoom dengan mencubit layar. Scroll juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan dua jari secara bersamaan. Mengetuk layar dengan empat jari sekaligus akan memunculkan menu di aplikasi ini. 

Perlu diperhatikan, cara ini hanya berhasil kalau kedua perangkat kamu itu terhubung dengan internet. Tidak harus dalam satu jaringan, asal terkoneksi ke internet, cara ini akan bisa dieksekusi. Pastikan juga kamu mematikan fitur sleep saat komputer tidak digunakan dalam waktu lama. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here