Huawei Pikirkan Solusi Aplikasi Google di Mate 30

0
64
Mate 30

Huawei Mate 30 Pro dipastikan tidak akan hadir dengan dukungan layanan dari Google. Sejumlah aplikasi seperti Google Maps dan Google Play tidak akan hadir di smartphone ini. Tidak hanya itu, Mate 30 Pro juga tidak memiliki akses ke aplikasi tenar semacam Gmail, YouTube dan sejumlah layanan Google lainnya. 

Dalam ajang IFA 2019, CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu mengatakan sedang bahwa perusahaan asal China itu mengerjakan solusi untuk membawa aplikasi Google ke seri Mate 30 setelah smartphone ini diluncurkan. 

Menurut Yu, perusahaan itu sedang mencari kemungkinan untuk memungkinkan pengguna menginstall aplikasi Google pada Android versi non-Google ini. Ia juga menyatakan bahwa proses pemasangan aplikasi tersebut akan sangat mudah. Pasalnya Mate 30 series ini menggunakan sistem operasi open source Android. Yu juga mengungkapkan bahwa pengembang pihak ketika telah berkolaborasi untuk membawa aplikasi Google ke pemilik Mate 30. 

iPhone 11 Akan Rilis. Intip Dulu Spesifikasinya

Untuk diketahui, pabrikan asal China lain, Meizu memungkinkan pengguna untuk menginstal layanan Google melalui toko aplikasinya sendiri. Huawei dapat saja menggunakan opsi semacam ini untuk perangkat Mate terbaru dan perangkat lain yang akan datang. Namun cara ini tidak bisa dibilang aman. Pasalnya aplikasi tersebut bisa saja sudah disusupi oleh peretas yang dapat mencuri data pengguna ketika aplikasi dijalankan. 

Huawei kabarnya memiliki target pengiriman sebanyak 300 juta unit pada 2019 jika larangan AS tidak diberlakukan. Bahkan seorang eksekutif Huawei pernah sesumbar untuk mengirimkan 90 juta unit Huawei pada kuartal terakhir sebelum sanksi tersebut dijatuhkan. 

Seri Mate 30 dilaporkan akan diluncurkan secara resmi pada 19 September mendatang. Negara pertama yang kedatangan perangkat ini adalah China. Huawei mengatakan bahwa setelah rilis di China, smartphone ini juga akan menyambangi beberapa negara lainnya. 

Untuk diketahui, seri Mate terbaru diprediksi akan hadir dengan chipset Kirin 980. Huawei nantinya akan memberikan Mate 30 dengan chipset 990 di dalamnya. Namun hal itu masih menunggu waktu lebih lama lagi. Di dalamnya akan tersemat RAM 6GB dengan memori internal sebesar 128GB. 

Setidaknya smartphone ini akan hadir dengan dua kamera belakang yang beresolusi 40MP. Sebenarnya ada empat kamera belakang yang ditawarkan Huawei, namun resolusi dua kamera lainnya masih belum diketahui. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here