Daftar Update Android 10. Ponsel Kamu Masuk Ga?

0
353
Android 10

Google akhirnya resmi meluncurkan sistem operasi terbaru miliknya, yakni Android 10. Di versi ini, Google tidak lagi menggunakan nama makanan manis sebagai identitas sistem operasi tersebut. Alasannya, nama itu tidak dapat lagi berlaku secara universal. Google mengklaim dengan nama Android 10, sistem operasi ini akan semakin mudah dikenali oleh para pengguna. 

Nah, berhubung sistem operasi ini sudah rilis, tentunya ada harapan dan pertanyaan, kapan kita akan bisa menikmatinya. Pasalnya, di versi terbaru ini, Google menawarkan banyak fitur yang sebelumnya tidak ada. 

Seperti yang sudah-sudah, kehadiran sistem operasi Android terbaru pada masing-masing smartphone akan berbeda. Berikut ini Teqnoforia hadirkan beberapa merk smartphone dan kapan mereka akan menerima Android 10. 

Google Pixel

Sebagai ponsel buatan Google, seri Pixel selalu mendapat keistimewaan untuk menikmati sistem operasi Android terbaru. Demikian juga dengan Android 10. Perangkat Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a dan Pixel 3a XL sudah bisa menikmatinya sejak 3 September lalu. 

Untuk mengupdate sistem operasi itu, pengguna Pixel harus menuju Settings >> System >> System Update

Asus

Asus tergabung dalam Android Beta Program dengan perangkat Zenfone 5Z. Baru-baru ini, Google juga menambahkan Zenfone 6 ke dalam daftar tersebut. Tapi tampaknya pengguna Asus harus menunggu sedikit lebih lama untuk dapat menikmati sistem operasi ini. Rumor menyebut kalau Asus akan menerima update Android pada kuartal pertama tahun depan. 

Nokia

Berbeda dengan manufaktur lain, HMD secara terang-terangan membagikan jadwal penerimaan sistem operasi tersebut. Gelombang pertama akan hadir pada kuartal keempat tahun ini. Perangkat Nokia 7.1, Nokia 8.1 dan Nokia 9 PureView masuk dalam gelombang pertama ini. 

Gelombang kedua, hadir pada kuartal pertama 2020 dengan perangkat Nokia 6.1, Nokia 6.1 Plus, Nokia 7 Plus, Nokia 2.2, Nokia 3.1 Plus, Nokia 3.2 dan Nokia 4.2. Perangkat lain seperti Nokia 1 Plus, Nokia 5.1 Plus dan Nokia 8 Sirocco juga termasuk dalam gelombang kedua. 

Terakhir, perangkat Nokia 2.1, Nokia 3.1, Nokia 5.1 dan Nokia 1 akan menerima update Android versi terbaru pada kuartal kedua 2020. 

Android 10 Hadir Bulan Ini, Tawarkan Sejumlah Fitur Baru

Huawei

Meski masih berada dalam daftar hitam pemerintah AS, Huawei tetap akan menerima update Android terbaru. Antarmuka EMUI 10.0 sendiri sudah dibangun dengan dasar Android 10. Untuk Huawei P30 series dijadwalkan akan menerima update Android 10 pada 8 September mendatang. Belum ada kabar kapan seri Honor akan menerima update serupa.

Samsung

Tahap pertama update Android 10 ke Samsung akan hadir pada perangkat SAmsung Galaxy S10 series. Samsung sendiri kabarnya sudah mencoba 11 model Android 10 untuk versi Snapdragon dan Exynos pada seri Galaxy S10. Meski tidak menyebut kapan pastinya, namun Samsung menyatakan akan menerima update itu secepatnya. 

Nah, itu tadi beberapa daftar update yang berhasil Teqnoforia himpun sampai saat ini. PAstikan kamu selalu memantau update artikel ini di Teqnoforia.com untuk mendapatkan daftar lanjutan update Android 10.