Cara Menggunakan Fitur Gesture di Android 10

0
113
Android 10

Android 10 sudah resmi diluncurkan oleh Google. Sejumlah fitur baru pun diberikan Google di sistem operasi terbaru ini, salah satunya adalah gesture. Bahkan beberapa vendor pun sudah mengumumkan kapan akan menerima update Android 10. 

Nah, berhubungan dengan fitur gesture itu, sebenarnya  ada beberapa pengaturan yang harus kamu lakukan untuk dapat menggunakannya. Tetapi pastikan dulu, kamu sudah menerima update Android 10 di smartphone kamu. 

Jika belum, ada baiknya kamu mengecek update tersebut di Settings >> System >> System Update. Kalau update sudah tersedia, langsung unduh dan install. 

Nah, buat kamu yang sudah menginstall sistem operasi terbaru ini, berikut Teqnoforia hadirkan cara menggunakan fitur gesture di Android 10. 

Aktifkan Fitur

Proses ini sebenarnya bervariasi, tergantung smartphone apa yang kamu gunakan. Namun umumnya, akan terdapat menu gesture di pengaturan smartphone kamu. Buka menu tersebut, kemudian aktifkan. 

Buka menu Setting, kemudian pilih Gesture. Selanjutnya pilih menu System Navigation kemudian Gesture Navigation. 

Setelah kamu mengaktifkan fitur ini, layar smartphone kamu akan berkedip. Beberapa tombol navigasi virtual di bagian bawah kemudian akan menghilang. Tombol itu akan digantikan dengan sebuah garis putih di layar bagian bawah.

Daftar Update Android 10. Ponsel Kamu Masuk Ga?

Nah bagaimana cara menggunakannya? 

Sebenarnya Google tidak memberikan langkah rumit untuk menggunakan fitur ini. Misalnya untuk kembali ke homescreen, kamu cukup mengusap tombol navigasi ke atas. Sementara untuk multitasking, usap tombol navigasi ke atas dan tahan beberapa detik sampai muncul menu recent app. 

Untuk membuka app drawer, pada homescreen usap navigasi ke arah atas. Nah untuk berpindah aplikasi, kamu hanya perlu mengusap ke kanan atau kiri pada tombol navigasi tersebut. Sedangkan untuk fungsi “back”, usap layar dari kiri ke kanan. Hal ini tidak harus kamu lakukan pada tombol navigasi. Syarat utamanya, usapan harus kamu lakukan dari sisi paling kiri di layar. 

Nah, itu tadi tutorial sederhana cara menggunakan fitur gesture di Android 10. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here