Wah, TCL Sekarang Buat Smartphone Juga

0
317
Tcl

TCL selama ini dikenal sebagai merk televisi. Namun tampaknya citra itu akan berubah. Pasalnya perusahaan elektronik asal China itu mulai memamerkan smartphone pertamanya, bernama Plex. 

TCL memposisikan Plex sebagai sebuah smartphone unyuk kelas menengah. Klaim TCL mengatakan bahwa pihaknya fokus pada dua aspek, yakni kamera dan desain. Tidak tanggung-tanggung, untuk seri perdana ini, TCL menyematkan tiga kamera belakang dengan resolusi 48MP kamera utama, 16MP ultra wide-angle dan 2MP untuk membantu memotret dalam kondisi minim cahaya. 

TCL mengklaim bahwa pihaknya memiliki sensor low-light dengan ukuran 2.9μm dan berbagai algoritma untuk mengurangi noise. Tak hanya itu, di Plex, TCL juga memberikan Super Night Mode untuk memotret dalam kondisi minim cahaya. 

Beralih ke sektor layar, Plex hadir dengan layar IPS LCD berukuran 6,53 inci. Di sisi kiri atas terdapat lubang untuk kamera. TCL menyebutnya sebagai Dotch. Di sini TCL menggunakan layar buatannya sendiri serta dukungan mode NXTVISION seperti pada TV buatannya. 

Acer Kenalkan Dua Laptop Gaming Baru di IFA 2019

NXTVISION akan mengaplikasikan pemrosesan gambar ketika diaktifkan. Warna pada layar TCL Plex diperkuat dengan peningkatan warna 6-axis. Tepian gambar akan  dipoles dengan peningkatan tepi 2D untuk gambar yang lebih tajam dan kontras visual dibuat lebih mencolok tanpa terlalu terpapar dengan peningkatan kontras yang ditargetkan.  Dengan fitur konversi real-time SDR ke HDR, TCL Plex menawarkan peningkatan video seperti HDR dengan peningkatan kontras, warna yang diperkuat, sorotan yang lebih terang dan bayangan yang lebih gelap.

Meski perdana, tampaknya TCL tidak main-main dengan Plex. Di dalam smartphone ini disematkan chipset Snapdragon 675 dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB. Ruang penyimpanan bisa ditambah hingga 256GB. 

Beberapa fitur lain seperti Bluetooth 5.0 juga hadir di sini. Kabarnya, TCL memberikan opsi Super Bluetooth yang diklaim mampu tersambung ke empat speaker bluetooth sekaligus.

Plex merupakan langkah awal TCL untuk terjun ke dunia smartphone. Ambisi perusahaan ini cukup besar. Mereka berencana untuk menghadirkan smartphone lipat dan koneksi 5G pada 2020 nanti. Bahkan perusahaan ini juga sudah memamerkan konsep smartphone lipatnya.