Huawei Bakal Perkenalkan Kirin 990

0
217
Kirin 990

Huawei dipastikan akan mengumumkan beberapa produk baru pada ajang IFA 2019 nanti. Kabarnya, di Berlin nanti, CEO Huawei, Richard Yu akan mempresentasikan kehadiran chipset terbaru bernama Kirin 990. 

Kirin 990 akan diperkenalkan tepat sebelum keynote Qualcomm naik panggung untuk mempresentasikan 5G. Lucunya, Huawei juga menyelenggarakan acara serupa di Beijing, tepat di tanggal yang sama, yakni 6 September. Jika di ajang IFA Huawei menggunakan tagline “Rethink Evolution”, di Beijing acara itu akan mengusung slogan “Reconstruction”. 

Kirin 990 diperkirakan akan hadir dengan integrasi modem 5G.

Chipset terbaru ini dipercaya akan dibuat dengan basis pemrosesan 7nm. Ini juga merupakan chipset pertama di dunia yang akan menggunakan Cortex-A77. Inti ini diklaim dapat meningkatkan performa smartphone hingga 20 persen dari versi sebelumnya. 

Meski belum dapat dikonfirmasi lebih lanjut, namun Kirin 990 juga dipercaya memiliki GPU dengan efisiensi tenaga 50 persen lebih besar dari sebelumnya. Tak hanya itu, versi ini juga menjadi versi Kirin pertama yang mampu merekam kualitas 4K dengan kepadatan gambar 60fps. 

Samsung Siapkan Ponsel 5G Berharga Miring

Dengan integrasi modem 5G, Huawei  tak lagi harus bergantung pada chip buatan pihak ketiga, seperti Qualcomm 855 dan 855+. Ada spekulasi bahwa Huawei juga akan menjadikan 5G sebagai fokus presentasinya, di samping hadirnya Kirin 990. 

Sebagaimana diketahui, Huawei sebenarnya sudah memiliki modem 5G sendiri yang bernama Balong 5000. Huawei mengklaim bahwa chipset ini merupakan chipset pertama di dunia yang menggunakan spektrum TDD/FDD. Dalam pengujian, Balong 5000 merupakan modem pertama yang mencapai kecepatan 4,6 Gbps di pita frekuensi rendah sub-6GHz. 

Kalau dibandingkan dengan jaringan 4G LTE, Balong 5000 menawarkan kecepatan jaringan hingga sepuluh kali lebih cepat. Balong 500 juga merupakan chip multimode pertama di dunia. Ia mendukung teknologi V2X (vehicle-to-everything) yang menawarkan solusi jaringan mobile dengan latensi yang rendah. 

Sejauh ini, spesifikasi detail mengenai chipset terbaru dari Huawei ini masih belum diketahui. Kita harus menunggu beberapa hari lagi sampai Richard Yu membuka tabir Kirin 990 kepada publik.