Xiaomi Siapkan Empat Smartphone 108MP

0
201
Xiaomi

Perang resolusi kamera kembali berkibar. Xiaomi mengumumkan akan menghadirkan empat smartphone yang memiliki kamera dengan sensor 108MP. Di samping keempat yang akan diumumkan nanti, perusahaan ini memastikan akan menghadirkan sensor 108MP pada perangkat Mi Mix 4. 

Kabarnya, perusahaan asal China itu sedang mengerjakan empat smartphone berbeda. Kesamaan yang dimiliki keempatnya adalah sama-sama hadir dengan sensor kamera 108MP. Keempatnya memiliki kode nama berbeda, yakni tucana, draco, umi dan cmi. 

Keempat nama ini menunjukkan perangkat Xiaomi yang belum dirilis. Ada kemungkinan kalau keempatnya akan terbagi dalam seri Mi dan Redmi. Meski dikatakan mampu menampilkan gambar dengan resolusi 108MP, tetapi tidak ada bukti kuat kalau keempatnya mampu menangkap gambar dengan resolusi yang sama. 

Cara Ampuh Kenali Penipuan Online

Untuk diketahui, keempat smartphone ini menggunakan sensor kamera terbaru dari Samsung, yakni ISOCELL Bright HMX. Samsung membenamkan teknologi quad Bayer. Artinya, setiap e piksel akan dipadatkan menjadi satu. Hasil foto akan tampil dalam ukuran 27MP namun memiliki detail dan pencahayaan yang lebih baik. Pengguna nantinya juga dapat memotret dengan resolusi penuh 108MP. Caranya adalah dengan mengaktifkannya secara manual.  

Untuk diketahui, Xiaomi sebelumnya pernah bermasalah dengan gambar berukuran besar. Aplikasi galeri di MIUI tidak mengizinkan pengguna untuk memperbesar gambar sesuai ukuran asli resolusinya. Namun permasalahan ini sudah dibenahi ketika Xiaomi meluncurkan smartphone dengan resolusi kamera 48MP. XDA Developer menduga kalau nantinya galeri di perangkat Xiaomi akan hadir dengan dukungan kamera 108MP. 

Namun dari keempat perangkat yang diketahui itu, Xiaomi Mi Mix 4 dipercaya tidak termasuk di dalamnya. Sebuah laporan menyebutkan kalau Xiaomi Mi Mix 4 tidak hadir dengan kode seperti yang disebutkan sebelumnya. 

Perlu diketahui, sebelumnya Xiaomi pernah mengumumkan akan merilis smartphone dengan sensor kamera 108MP. Ini menjadikan perusahaan asal Tiongkok itu menjadi merk pertama yang dapat menghadirkan resolusi kamera terbesar. Tampaknya untuk beberapa saat nanti, hanya Xiaomi yang memiliki teknologi ini. Hal ini terkait kerjasama yang dilakukan Xiaomi dengan Samsung.