Facebook Bakal Sembunyikan Jumlah Like

0
231
facebook

Facebook kabarnya akan menyembunyikan jumlah like pada unggahan di platformnya. Langkah ini tampaknya menyusul Instagram yang sebelumnya sudah menerapkan metode serupa beberapa bulan lalu. 

Perubahan itu pertama dideteksi oleh Jane Manchun Wong. Ia berhasil mengintip kode di balik aplikasi Facebook untuk Android. Wong mendapati bahwa Facebook menyembunyikan jumlah pasti like yang didapatkan pada sebuah unggahan di platform tersebut.  

Satu-satunya pihak yang dapat melihat jumlah like secara pasti hanyalah pengunggah saja. Pengguna lain hanya akan melihat keterangan berupa “liked by [nama teman] and others. Facebook kabarnya sudah mengkonfirmasi bahwa itu merupakan uji coba yang akan menyembunyikan jumlah like. Namun uji coba tersebut belum diluncurkan oleh perusahaan Mark Zuckerberg itu. 

Google Tambahkan Layer Street View di Google Map

Sebagaimana diketahui, Instagram sebelumnya sudah memberikan fitur ini di aplikasinya di awal tahun ini. Menariknya, ada banyak tanda yang menunjukkan bahwa uji coba ini berhasil dengan baik. Karena hal itu, fitur tersebut mulai disediakan di beberapa negara lain. 

Hal ini sebenarnya cukup ironis. Karena sudah sejak beberapa dekade, like menjadi salah satu fitur utama dalam media sosial Facebook. Sayangnya, banyak pengguna yang mengeluh bahwa jumlah like yang sedikit dapat membuat mereka merasa buruk. Beberapa pengguna juga dihantui rasa khawatir jika unggahan mereka tidak mendapatkan banyak like. Kendati begitu, masih ada pengguna yang tampaknya tidak terpengaruh dengan jumlah like ada platform ini. 

Perusahaan ini berharap, dengan menghilangkan hitungan jumlah like dapat mengurangi tekanan yang muncul dalam diri pengguna layanannya. 

Kedengarannya memang cukup menjanjikan. Sayangnya Facebook tidak memberikan keterangan kapan akan memulai uji coba untuk fitur ini. Dan yang lebih penting, kapan fitur ini  akan dapat digunakan oleh pengguna Facebook di seluruh dunia. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here