Android 10 Hadir Bulan Ini, Tawarkan Sejumlah Fitur Baru

0
237
Android 10

Kedatangan Android 10 semakin mendekat. Bahkan dua provider asal Kanada menyebut kalau sistem operasi baru ini akan hadir hari ini. 

Kedua provider itu mengunggah update mengenai Android 10 dalam forum mereka. Meski pada akhirnya dihapus, namun unggahan itu menunjukan bahwa sistem operasi tersebut hadir untuk perangkat Google Pixel hari ini. 

Kendati begitu, belum ada informasi resmi dari Google. Pasalnya, pasca merilis versi final beta bulan lalu, Google menyebut bahwa beberapa minggu lagi Android terbaru akan diberikan secara resmi. 

Sambil menunggu datangnya sistem operasi itu, kita simak dulu apa yang ditawarkan Google dalam Android 10. 

Fitur Baru Android 10

Privasi

Salah satu fokus terbesar sistem operasi baru ini adalah privasi. Nantinya pengguna bisa membatasi jumlah aplikasi yang dapat mengakses lokasi mereka. Sebelumnya, hanya ada pilihan untuk berbagi atau tidak, namun kini jumlah aplikasinya dapat dibatasi. 

Selain itu, ada akses manajemen file yang lebih baik. Pengguna juga bisa membatasi aplikasi yang mengakses IMEI, nomor serial, atau identitas lain yang dapat digunakan untuk melacak pengguna Android.

Bubble

Pernah pakai aplikasi Facebook Messenger? Nah, konsepnya akan sama. Sistem operasi ini dapat menampilkan notifikasi pesan dalam bentuk gelembung yang melayang. Nantinya akan ada pengaturan untuk setiap aplikasi dalam menu notifikasi di ponsel. 

Pintasan Sharing File

Saat ini, pengguna Android akan dihadapkan pada daftar aplikasi ketika hendak membagikan sebuah file. nah, Google kabarnya akan memberikan cara agar proses tersebut berlangsung lebih cepat. Sayang, belum diketahui bagaimana cara yang ditawarkan tersebut. 

Dark Theme

Dalam ajang I/O, Google sudah mengkonfirmasi adanya fitur ini dalam Android 10. Semua aplikasi yang digunakan dalam sistem operasi ini akan dipaksa untuk tampil dalam mode gelap, meskipun pada dasarnya aplikasi ini belum memiliki dukungan untuk mode tersebut. 

Tampaknya, panel notifikasi juga akan dihadirkan dengan warna hitam ketika mode ini diaktifkan. 

Samsung Siapkan Ponsel 5G Berharga Miring

Caption 

Fitur ini sebenarnya khusus diberikan bagi pengguna Android yang mengalami masalah pendengaran. Nantinya, AI Google akan memberikan subtitle pada setiap video yang diputar. Kabar baiknya, fitur ini tidak membutuhkan koneksi data sama sekali. Artinya, fitur Live Caption dapat tetap berjalan meski tidak terhubung ke internet.

Kontrol Orang Tua

Google akan memberikan kontrol orang tua yang lebih ketat. Kontrol ini menjamin adanya batasan waktu, batasan aplikasi yang dapat diakses hingga pengaturan waktu tidur dalam ponsel. 

Dukungan Layar Lipat

Dengan akan datangnya Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X, Google pun memberikan dukungan layar lipat pada Android 10. 

Dukungan itu termasuk deteksi ketika layar dibuka atau ditutup. Ada pula dukungan untuk menyesuaikan ukuran tampilan sebuah aplikasi. 

Gestur Navigasi

Ini salah satu fitur menarik. Google memberikan kontrol navigasi dengan usapan jari di layar. Pengguna bisa mengusap layar ke atas, bawah, kanan atau kiri untuk mengendalikan ponsel mereka. 

Daftar Ponsel

Untuk diketahui, tidak semua ponsel akan menerima Android 10 dengan cepat. Hanya beberapa ponsel yang sudah mengikuti Android Beta Program saja yang akan menerimanya pertama kali. Beberapa merk sudah terdaftar dalam program ini, seperti Asus, LG, Nokia bahkan Huawei. Daftar lengkap perangkat yang tergabung dalam Android Beta Program bisa kamu lihat di sini.

Nah, apa ponsel kamu terdapat dalam daftar perangkat di Android Beta Program? Kalau iya, berarti kamu sudah bisa mencoba sistem operasi ini dan sejumlah fitur baru yang ditawarkan.