Kekurangan Akses Google, Rilis Huawei Mate 30 Ditunda

0
171
huawei

Huawei dilaporkan akan menunda peluncuran seri Mate 30. Pasalnya, smartphone yang digadang-gadang akan hadir dengan sistem operasi Android ini ternyata tidak dapat menikmati akses ke layanan Google lantaran pemblokiran yang dilakukan Amerika Serikat. 

Memang benar bahwa Huawei Mate 30 akan hadir dengan sistem operasi Android, namun tidak menikmati layanan Google. Sejumlah layanan Google itu antara lain, Google Play dan Google Maps. Meski begitu, kabar soal penundaan ini dilaporkan masih belum final. Artinya masih bisa berubah seiring langkah yang diambil pemerintah Amerika Serikat. 

Ironisnya, perusahaan yang berbasis di Shenzhen ini berencana untuk membagikan undangan peluncuran Huawei Mate 30. Tadinya Huawei akan meluncurkan perangkat 5G itu di Munich, Jerman pada pertengahan September mendatang. 

Dengan tidak adanya akses ke layanan Google, mau tak mau Huawei harus fokus menjual perangkat ini di negaranya sendiri. Sebagaimana diketahui, di negaranya, Huawei tidak harus mengandalkan layanan milik Google tersebut. Di sana, smartphone lebih mengandalkan aplikasi buatan dalam negeri ketimbang mengunduh aplikasi dari Google Play Store. 

Huawei mengatakan tidak akan mengomentari apapun soal spekulasi itu. Dalam sebuah email ke South China Morning Post, Huawei mengungkapkan bahwa sistem operasi Android masih menjadi pilihan utama manufaktur ini. 

“Sistem operasi Android dan ekosistemnya masih menjadi pilihan utama kami. Tetap ikuti perkembangan produk-produk baru kami.” tulis Huawei dalam email tersebut. 

Huawei dilaporkan terus berjuang untuk berhada[an dengan pemblokiran yang dilakukan Amerika Serikat. Pemerintah AS sendiri dilaporkan memperpanjang lisensi sementara agar Huawei dapat membeli komponen dari perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat. 

Sayangnya, perpanjangan itu tidak termasuk pada perangkat Mate 30 yang akan dirilis. Dengan kata lain, smartphone tersebut tidak mendapatkan lisensi aplikasi milik Google dan layanannya.