Sony Alpha 7R IV, Makin Baru Makin Ganas!

0
110
Sony Alpha 7R IV

Sony Alpha 7R dapat update sebagai lini kamera full-frame mirrorless Sony. Alpha™ 7R telah diakui mulai dari edisi mark I hingga Mark III. Kini Sony hadirkan kamera Alpha 7R IV (model ILCE-7RM4) yang sangat serbaguna dan kuat.

Kamera full-frame milik Sony dengan resolusi tertinggi yang pernah ada, kamera Alpha 7R IV terbaru menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa dengan resolusi tinggi serta dynamic range yang luas, dengan tetap mempertahankan performa fokus yang sangat baik.

Pengambilan gambar secara terus-menerus dengan kecepatan tinggi dan masih banyak lagi.

Alpha 7R IV

Level Kualitas Gambar yang Baru

Alpha 7R IV mengedepankan sensor gambar 35mm full-frame back illuminated CMOS terbaru dengan resolusi 61.0 MP, yang pertama di dunia untuk kamera sejenis.

Struktur back-illuminated dan teknik noise reduction dari sensor terbaru ini digabungkan untuk menghasilkan performa dengan noise yang sangat rendah dan sensitivitas tinggi, memastikan kualitas gambar semaksimal mungkin.

Kamera ini juga memiliki 15-stop3 dynamic range yang mengesankan pada sensitivitas rendah, menghasilkan gradasi yang halus dan natural dari bayangan gelap hingga sorotan terang. Pemanfaatan algoritme dari banyak kamera Alpha™ terbaru juga mampu mempertahankan reproduksi warna yang luar biasa.

Lebih Bertenaga

sony alpha 7r iv
Sony Alpha 7R IV

Model full-frame terbaru ini dilengkapi dengan sistem stabilisasi gambar 5-axis optical in- body yang inovatif. Bodinya sudah diatur untuk mendukung kapasitas pengambilan gambar resolusi tinggi.

Hasilnya, shutter speed mencapai 5,5 langkah lebih unggul. Selain itu, pengaturan shutter unit telah dirancang ulang untuk mengurangi gerakan paling minim yang dapat menghasilkan blur.

Kamera Alpha 7R IV juga memiliki viewfinder 5.76 juta titik UXGA OLED Tru-finder EVF. Merupakan viewfinder dengan resolusi tertinggi jika dibandingkan dengan kamera Sony lainnya.

Dengan resolusi sekitar 1,6x dibandingkan dengan EVF pada Alpha 7R III, viewfinder terbaru ini menghasilkan gambar lebih akurat dan nyata terhadap obyek foto.

Kecepatan Fokus Sony Alpha 7R IV

spesifikasi alpha 7R IV
Spesifikasi Alpha 7R Mark IV

Kamera full-frame mirrorless Alpha 7R IV yang inovatif dapat menangkap gambar dengan resolusi penuh hingga 10 fps.

Bekerja dengan tracking AF/AE yang terus-menerus dan akurat hingga hampir 7 detik dalam mode full-frame, full-resolution (JPEG / RAW), dan sekitar 3 detik di mode APS-C crop yang menghasilkan gambar dengan kualitas 26,2 MP.

Opsi kecepatan tinggi ini memastikan obyek foto yang bergerak cepat dapat terekam dengan ketepatan sangat tinggi dan detil gambar yang luar biasa.

Sistem fokus yang telah ditingkatkan pada kamera Alpha 7R IV terdiri dari 567 titik AF focalplane phase-detection yang mencakup sekitar 74% dari area gambar.

Terdapat juga 425 titik kontras AF yang memberikan presisi tambahan dan keandalan untuk situasi low-light dan situasi lainnya yang sangat baik jika menggunakan kontras AF.

Kamera Alpha 7R IV juga mendukung Real-time Eye AF yang menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk mendeteksi dan emproses data lokasi mata secara realtime.

Hal ini membuatnya terus terpaku pada mata subyek dengan presisi tinggi. Fitur ini tersedia untuk subyek manusia maupun hewan, dengan opsi untuk memililh antara mode Eye AF untuk mata hewan atau manusia, tergantung pada situasi pengambilan foto.

Selain itu, fitur Realtime Tracking juga tersedia dan menggunakan algoritma terbaru pengenalan subyek untuk memastikan tracking subyek terbaik dan persistensi dari sistem fokus.

Terdapat juga mode pengambilan gambar anti-flicker yang secara otomatis. Mendeteksi adanya pencahayaan berpendar atau buatan pada lingkungan pengambilan gambar untuk meminimalisir hasil akhir gambar.

Konektivitas Ditingkatkan untuk Profesional

konektivitas alpha 7R IV
Alpha 7R IV

Kamera full-frame Sony Alpha 7R IV dilengkapi dengan berbagai fitur konektivitas terdepan yang dirancang untuk meningkatkan alur kerja profesional.

Model terbaru ini memiliki fungsi LAN nirkabel yang mendukung jaringan 2,4 GHz konvensional serta jaringan 5 GHz berkecepatan tinggi untuk pemindahan data yang lebih cepat dan stabil.

Konektivitas secara nirkabel ke computer (wireless tethering shooting) juga tersedia pada kamera Alpha 7R IV terbaru, yang pertama pada kamera Sony.

Selain konektivitas Wi-Fi® berkecepatan tinggi dan konektivitas secara nirkabel ke komputer, kamera full-frame terbaru ini dilengkapi dengan konektor SuperSpeed USB (USB 3.2 Gen 1) USB Type-C™ yang mendukung transmisi data dengan sangat cepat menggunakan kabel.

Dengan kecepatan transfer data hampir dua kali lipat jika digabungkan dengan perangkat lunak Imaging Edge dibandingkan dengan Alpha 7R III.

Kamera ini juga mendukung transfer data FTP dengan kapabilitas background transfer. Fotografer mampu mengirim gambar kepada server FTP yang telah ditentukan saat pemotretan.

Untuk mendukung alur kerja yang efisien, berkecepatan tinggi, Sony telah mengumumkan versi 2.0 dari aplikasi komputer “Imaging Edge” (Remote/Viewer/Edit).

Aplikasi ‘Remote’ memungkinkan pengguna untuk mengendalikan kamera dan monitor pengambilan gambar secara langsung di layar komputer.

Aplikasi ‘Viewer’ digunakan untuk dengan cepat melihat, menilai dan memilih foto dari kumpulan foto yang banyak. Terakhir, aplikasi ‘Edit’ dapat mengembangkan data RAW menjadi foto berkualitas tinggi untuk pengiriman.

Untuk memaksimalkan kemudahan transfer gambar, saat menggunakan versi terbaru dari aplikasi Imaging Edge Mobile™ milik Sony, kamera sekarang dapat mentransfer gambar ke smartphone yang terhubung bahkan saat kamera dimatikan.

Fitur Resolusi 4K Alpha 7R IV

kamera 4k
Fitur 4K Alpha 7R IV

Selain kemampuan pengambilan foto yang impresif, kamera Alpha 7R IV terbaru juga berkinerja sangat baik sebagai alat pembuat film.

Menawarkan perekaman video 4K (3840×2160 piksel) dan pixel readout penuh tanpa pixel binning pada mode Super 35mm. Hal ini memastikan hasil 4K berkualitas tinggi dengan detil dan kedalaman yang luar biasa.

S-Log 2 and S-Log 3 juga tersedia untuk memaksimalkan fleksibilitas color grading, dengan S-Log 3 yang menawarkan total 14-stops jangkauan dinamis.

HLG (Hybrig Log-Gamma) juga tersedia pada kamera Alpha 7R IV untuk mendukung alur kerja Instant HDR.

Untuk autofocus video, kamera baru yang serbaguna ini menggunakan sistem Fast Hybrid AF terbaru yang menghasilkan autofocus yang lebih cepat, halus dan stabil saat perekaman video (bahkan saat sebuah obyek bergerak di depan subyek).

Kamera ini juga memiliki fungsi Touch Tracking saat perekaman video, memungkinkan pengguna untuk bisa menangkap subyek
secara instan hanya dengan menyentuh layar.

Kamera Alpha 7R IV memperkenalkan untuk pertama kalinya Real-time Eye AF untuk perekaman video, teknologi yang pertama kali digunakan di kamera Sony.

Saat diaktivasi, mata subyek akan dilacak secara otomatis dengan presisi dan keandalan tinggi, memungkinkan videografer untuk fokus sepenuhnya pada konten, bukan pada fokus dari kamera.

Fungsi Touch Tracking akan secara otomatis mengaktifkan fitur Eye AF saat subyek manusia dipilih. Fitur video utama lainnya adalah tambahan antarmuka audio digital pada Multi Interface Shoe™ (MI Shoe) di kamera ini, memungkinkan koneksi langsung untuk ECM-B1M Shotgun.

Microphone terbaru atau XLR-K3M XLR Adaptor Kit untuk perekaman suara yang jelas, berkebisingan rendah dan berkualitas tinggi. Interval shooting untuk menciptakan video timelapse juga tersedia, beserta perekaman video full HD di 120 fps, fungsi Slow and Quick Motion dan masih banyak lagi.

Desain Lebih Mantap

alpha 7r
Desain Alpha 7R IV

Alpha 7R IV terbaru telah mengalami beberapa peningkatan pada desain dan kegunannya dengan banyak penyesuaian yang diimplementasikan berdasarkan masukan dari komunitas profesional Sony.

Untuk memaksimalkan durabilitas, Alpha 7R IV terbaru mengedepankan ketahanan yang telah ditingkatkan terhadap debu dan kelembaban. Dengan sealing tambahan pada seluruh lapisan body, penutup slot baterai dan slot media.

Kamera ini dibuat menggunakan magnesium alloy yang ringan dan kuat, serta memiliki mount six screw ekstra kuat yang telah ditingkatkan. Peningkatan tambahan pada body termasuk grip yang telah diperbarui untuk kenyamanan genggaman di tangan yang lebih pasti.

Pembesaran diameter dan feedback pada tombol ‘AF-ON’; desain multi-selector joystick terbaru untuk pengendalian yang dapat diimprovisasi.

Tombol dial lock untuk exposure compensation, serta bentuk dan posisi baru untuk dial belakang.

Karena tingginya permintaan dari para pengguna profesional, kamera terbaru ini juga memiliki dua slot media UHS-II, memberikan kapasitas yang lebih besar dan kecepatan lebih untuk read/write.

Untuk kemudahan tambahan, pendaftaran pengaturan kamera telah diperluas. Sekarang, hampir seluruh pengaturan kamera dapat disimpan dan dibaca di memory card yang dimasukkan.

Hingga 10 kombinasi dapat disimpan ke memory card mana pun dan dimuat ke body kamera apa pun dengan tipe yang sama.

Walaupun memiliki 1.5x pixel count, daya tahan baterai juga telah ditingkatkan. Dengan pengukuran CIPA hingga 670 kali pengambilan foto menggunakan monitor LCD per sekali pengisian baterai, atau 530 foto menggunakan EVF.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here