Chipset 5G Samsung Bisa Jadi Opsi Menarik buat Vendor Tiongkok

0
139

Chipset 5G Samsung mulai disebar ke beberapa vendor. Diantaranya, vendor Tiongkok yang memang menjadi target pemakai kelas kakap.

Seperti diketahui, chipset ini bukan merupakan hal baru buat Samsung. Sebab, Samsung Galaxy S10 5G sudah mengadopsi Exynos 5100 yang berjalan di jaringan 5G.

Dilansir dari Digitimes, beberapa vendor Tiongkok, yakni Vivo dan Oppo sudah menerima sampel solusi chipset 5G Samsung untuk kepentingan pengujian dan verifikasi. Artinya, ke depan ada peluang smartphone lansiran mereka akan menggunakan teknologi 5G Samsung.

Bukan hanya Samsung, perusahaan lain seperti MediaTek, Qualcomm dan Huawei juga menawarkan teknologi ini. Namun, beberapa pengamat industri mengatakan bahwa Qualcomm dan MediaTek tak akan bisa memenuhi permintaan untuk modem 5G. Sebagai opsi lain, perusahaan kemungkinan akan menandatangani kesepakatan dengan Samsung.

Huawei bisa menggunakan modem Balong 5000 5G. Namun chipset ini tidak dijual. Seandainya dilego, pihak pembeli pasti khawatir akan larangan Amerika Serikat terkait perang dagang AS – China.

Sedangkan Qualcomm bisa menjadi solusi dengan mengintegrasikan modem 5G ke Snapdragon 735. Sehingga perangkat yang dijual pun akan lebih terjangkau.

Terkait Samsung, Exynos Modem 5100, Exynos RF 5500, dan Exynos SM 5800 bakal menjadi solusi 5G masa depan. Terlebih, solusi ini lebih moderat, karena Samsung sama sekali tak terlibat dan terpengaruh tarif dagang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here