Kabar Gembira, Upgrade Baterai Bisa Lebih Awet 2,5 Kali Lipat!

0
781
Upgrade Baterai yang awet selama bertahun-tahun
ilustrasi

Penemuan teknologi baterai berhasil meng-upgrade baterai terbaru hingga 2,5 kali lipat dari baterai lithium terbaik saat ini. 

Nokia bersama para peneliti di pusat penelitian AMBER Trinity College Dublin, mengembangkan baterai lithium nanotube. Upgrade baterai baru ini, rencananya akan dibuat sebagai suplai daya perangkat 5G.

Produk-produk yang akan disokong oleh baterai tersebut antara lain; produk yang boros konsumsi baterai seperti drone, produk IoT, dan kendaraan listrik.

Nokia Bell Labs bukanlah peneliti sembarangan. Mereka sudah meneliti  ponsel tipis dan membuat baterai jenis ini.

Menurut penelitian jurnal ilmiah internasional, Nature Energy, para mitra Nokia berhasil membuat elektroda baterai baru yang tebal dengan memakai komposit nanotube karbon dan bahan penyimpan lithium.

Energi pun bisa ditransfer ke tingkat efisiensi yang maksimal. Akibatnya, baterai terisi dengan cepat dan memaksimalkan volume fisik yang mereka konsumsi.

“Dengan mengemas lebih banyak energi ke ruang yang lebih kecil, teknologi baterai baru ini akan memiliki dampak mendalam pada 5G dan seluruh jaringan,” kata Paul King dari Nokia. 

 “Kombinasi industri dan perangkat perangkat Nokia Bell Labs dan keahlian ilmu material AMBER memungkinkan kami untuk mengatasi masalah yang sangat sulit yang melibatkan banyak disiplin ilmu.”