Libra, Mata Uang Baru dari Facebook! Saingi Bitcoin?

0
208

Akhirnya Facebook memperkenalkan mata uang kripto (cryptocurrency) besutannya. Dinamai Libra, Facebook memungkinkan penggunanya untuk bertransaksi di seluruh dunia.

Dikutip dari The Guardian, kehadiran Libra di Facebook bertujuan untuk menjangkau pengguna yang belum memiliki akun perbankan tradisional.

Teknologi ini merupakan aplikasi mandiri yang nantinya akan tersedia di platform lain milik Facebook, seperti WhatsApp dan Messenger. Kabarnya, Libra akan tersedia di dua platform tersebut pada 2020.

Menurut Facebook, Libra akan bisa dipakai oleh sesama pengguna untuk berkirim uang maupun membayar jasa dan barang. Menariknya, layanan ini akan menjadi mata uang tersendiri dan tidak menggunakan mata uang lokal.

Mata uang yang ditetapkan di Libra didasari oleh Libra Association, sebuah asosiasi yang dibentuk Facebook. Terdiri dari perusahaan keuangan, lembaga nirlaba, termasuk perusahaan dagang.

Perusahaan yang akan bergabung harus memenuhi persyaratan. Salah satunya, harus berkontribusi USD10 juta sebagai modal. Adapun perusahaan yang terlibat adalah Mastercard, PayPal, Coinbase, dan eBay.

Meski dibentuk Facebook, Libra akan berdiri sebagai perusahaan mandiri. Libra tak terikat dengan pemerintah. Yayasan ini memiliki kantor pusat di Jenewa, Swiss.

Adapun yang membedakan Libra dengan bitcoin dan cryptocurrency lain adalah Libra terikat dengan sejumlah aset global. Tujuannya, untuk mencegah Libra memiliki tingkat volalilitas tinggi.

Selain itu, Libra juga bersifat tertutup. Sehingga orang tidak bisa sembarangan untuk mengaksesnya. Termasuk saat melakukan verifikasi transaksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here