Tak Sendirian, Huawei Berkolaborasi dengan Raksasa Teknologi Tiongkok Lawan AS

0
1676

Huawei tak sendirian, vendor Tiongkok lainnya mendukung keinginan Huawei untuk membuat sistem operasi mandiri. Selain Oppo dan Vivo, Tencent dan Xiaomi juga turut mendukung uji coba sistem operasi Huawei, Hongmeng OS atau Oak OS.

“Huawei dilaporkan secara intensif menguji sistem operasi miliknya HongMeng dengan raksasa internet dan vendor ponsel pintar domestik (China), dan sistem baru akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan,” seperti dilansir dari laman Forbes.

Ini adalah bentuk perlawanan Huawei cs terhadap dominasi AS di ranah teknologi. Pasalnya, Presiden Donald Trump memang membuat daftar hitam untuk Huawei karena dianggap sebagai mata-mata Tiongkok.

AS menganggap bahwa vendor Tiongkok merupakan ancaman. Sehingga harus diblokir agar tidak menggurita. Naasnya, sekarang posisi bisa saja berbalik. Karena China akan membentuk ekosistem ponsel cerdas global sendiri. Kolaborasi dari beberapa perusahaan besar Tiongkok akan memberikan alternatif bagi perangkat lunak, selain Android.

Raksasa teknologi Tencent, vendor besar seperti Xiaomi, Oppo dan Vivo, secara kolektif berkolaborasi dengan Huawei untuk mendorong terciptanya HongMeng OS. Tentu saja, ini merupakan pukulan telak terhadap tindakan AS.

Rumornya, OS baru tersebut akan diluncurkan berbarengan dengan rilisnya Huawei Mate 30 yang pada musim gugur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here