Tetris, dari Sederhana Sampai ke Battle Royale

0
303
tetris 99

Gim tetris sudah menjadi gim popular sejak 1984. Di tengah maraknya game baru yang terus bermunculan, Tetris tak lekang dimakan zaman.

Dikutip dari Digital Trends, Tetris yang pada tahun ini berusia 35 tahun merupakan gim asal Rusia yang dikembangkan Alexey Pajitnov.

Ia Bersama dua rekannya, Dmitry Pavlosky dan Vadim Gerasimov, berhasil merancang gim pertama Rusia tersebut untuk rilis di Barat, tepatnya pada 1986.

Gim Tetris sendiri terinspirasi dari gim papan (board game) bernama Pentominos.  Gim yang dibuat dari balok kayu dengan banyak bentuk. Tugas pemain menyusunnya agar bisa menjadi pemenang.

Kepopuleran Tetris tak lepas dari sosok pengusaha Belanda bernama Henk Rogers. Ia membeli paten Tetris untuk konsol gim portable. Lalu, dibawanya Tetris ke pasaran.

Walhasil, konsol portabel Game Boy versi Tetris hadir 1989 dan mampu terjual sebanyak 35 juta unit selama satu tahun.

Samsung Galaxy Note 10 akan Menggebrak Agustus Ini?

Sekarang, Tetris hadir hampir di semua platform Mulai dari versi Game Boy sebagai pelopor, hingga yang terbaru hadir di PlayStation VR termasuk Nintendo Switch.

Anehnya, dalam wawancara terbaru, sang pengembang Tetris, Pajitnov mengaku tak pandai dalam memainkan Tetris. Ia menyebut dirinya hanya berada di taraf amatir saja.

Menariknya, seiring pertumbuhan zaman, tetris pun menjadi gim battle Royale. Dengan nama Tetris 99, semua pemain yang berjumlah 99 orang akan saling berebut kemenangan untuk menjadi juara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here