Naik 12,3 Persen! Social Media Dominasi Trafik Ramadan dan Lebaran

0
84
mudik

Kenaikan trafik Ramadan dan Lebaran, merupakan hal yang selalu terjadi setiap tahun. Tak terkecuali yang dialami Telkomsel, operator terbesar di Indonesia ini mencatat trafik layanan data mereka meningkat 12,3 persen.

Bahkan secara angka, kenaikannya mencapai 19,3 petabyte. Dan jika dibandingkan tahun lalu dengan periode bulan puasa dan Lebaran Idul Fitri mencatat kenaikan hingga 49,8 persen. Capaian tertinggi tercatat pada H-1 Lebaran atau 4 Juni 2019.

“Untuk memberikan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan data yang lebih cepat dan stabil, kami juga telah memperluas layanan 4G LTE ke lebih 500 ibu kota/kabupaten di mana 97 persen telah menjangkau ibu kota kecamatan,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin.

Sebelumnya, pihak Telkomsel memang sudah mengantisipasi trafik ini dengan beragam persiapan. Diantaranya dengan mengoperasikan 70 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 15 persen dari kapasitas existing menjadi 4.700 Gbps, sertamenambah kapasitas sistem IT untuk layanan.

Mantap, Layanan Mobile Security Telkomsel Berhasil Raih Penghargaan

Penyumbang trafik Ramadan dan Lebaran dengan persentase tertinggi ada pada penggunaan layanan data. Sumbernya dari pelanggan yang beraktivitas di media sosial hingga 30,4 persen. Di peringkat kedua, yakni sumbangan trafik melalui video secara streaming dengan kontribusi sebesar 28,7 persen.

Sedangkan untuk komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 15,7 persen.

Lain halnya dengan layanan suara dan SMS, kedua layanan ini mengalami penurunan. Pada layanan suara mengalami penurunan sebesar 14,9 persen menjadi 1,05 miliar menit. Dan pada trafik layanan SMS mengalami penurunan sebesar 3,7 persen menjadi 531 juta SMS.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here