Keren, Kaki Tiruan Sudah Semakin Cerdas Seperti Kaki Asli

0
132
kaki tiruan

Fungsi kaki manusia memang tak tergantikan. Namun, beberapa ahli kerap melakukan pendekatan baru. Eksperimen untuk membuat fungsi kaki seutuhnya terus dilakukan.

Dilansir dari New Atlas, para ahli melakukan uji coba untuk merancang kaki tiruan dengan kemampuan yang bisa mendekati kaki asli saat berjalan di permukaan yang tidak rata.

Tak bisa dipungkiri butuh sesuatu yang berbeda saat kaki mulai menapak dengan permukaan tidak rata. Kaki normal akan segera beradaptasi dan lentur. Sementara kaki tiruan tidak dan cenderung kaku.

Untuk memecahkan masalah tersebut, para ahli dari Stanford University yang terdiri dari Profesor Steven Collins, mahasiswa pascasarjana Vincent Chiu dan peneliti post-doktoral Alexandra Voloshina membuat inovasi.

Robot Iron Man dengan AI Kini Sudah Hadir di Indonesia

Mereka membuat kaki tiruan dengan menggabungkan tiga titik kontak karet – dua “jari kaki” depan dan satu “tumit”. Sehingga saat penggunanya berjalan bisa mendeteksi tekanan saat kaki menyentuh tanah.

Sensor yang terintegrasi dan motor listrik yang terhubung membuat jari kaki atau tumit merespons dengan bergerak secara independen ke atas atau ke bawah.

Dengan cara ini, sistem akan menggeser tekanan satu sama lain untuk mempertahankan kontak di tanah, sehingga menciptakan keseimbangan.

Selain itu, unit pengukuran berbasis akselerometer dan gyroscope pada kaki tiruan bisa menentukan di mana kaki berada ketika sedang berjalan.

Hal ini bisa menentukan cara kaki merespons berbagai penyimpangan medan yang dilalui. Termasuk memungkinkan jari-jari kaki bereaksi setiap melangkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here