Luar Biasa, Robot Anjing Ini Bisa Tarik Pesawat Seberat 3.3 Ton

0
475

Kekuatan robot ini sungguh luar biasa. Berbentuk seperti anjing, robot berkaki empat ini sanggup menarik pesawat penumpang berbobot tiga ton. Para ilmuwan berhasil melakukan penelitian selama tujuh tahun untuk membuat robot tangguh tersebut.

Dikutip dari New Atlas, menggunakan sistem hidrolik, robot anjing ini memang memiliki kemampuan yang istimewa.

Berukuran panjang 133 cm dan tinggi 90 cm, robot bernama HyQReal ini memiliki bobot 130 kilogram. Di tubuhnya, terdapat baterai berdaya 48 V agar bisa menggerakan empat motor listrik.

Dengan motor ini, tenaga untuk menggerakkan empat pompa hidrolik digunakan agar kaki-kaki setiap robot dapat melangkah. HyQReal memiliki sepasang komputer untuk menavigasi lingkungan sekitarnya. Pada tubuh robot menggunakan material alumunium dan kulit yang terbuat dari campuran Kevlar, kaca dan plastik.

HyQReal di-developt oleh ilmuwan di IIT-Istituto italiano di Tecnoligia. Tim tersebut sengaja menghubungkan robot HyQReal ke Piaggio P180 Avanti; pesawat penumpang kecil berdimensi panjang 14,4 meter, lebar sayap 14 meter dan bobot 3.3 ton.

Dengan kaki karetnya, robot tersebut secara perlahan-lahan dapat menarik pesawat hingga bergerak. Adapun dibuatnya robot anjing tersebut untuk membantu manusia dalam skenario bencana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here